Selasa 21 Feb 2023 18:57 WIB

Pemprov DKI Bebaskan Lahan 6,5 Hektare untuk Normalisasi Ciliwung

Pemprov DKI Jakarta akan membebaskan lahan 6,5 hektare untuk normalisasi Ciliwung.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Suasana di kawasan lahan yang terdampak untuk proyek normalisasi kali Ciliwung, Rawajati, Jakarta. Pemprov DKI Jakarta akan membebaskan lahan 6,5 hektare untuk normalisasi Ciliwung.
Foto: Republika/Prayogi
Suasana di kawasan lahan yang terdampak untuk proyek normalisasi kali Ciliwung, Rawajati, Jakarta. Pemprov DKI Jakarta akan membebaskan lahan 6,5 hektare untuk normalisasi Ciliwung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tanah Dinas SDA DKI Jakarta Roedito mengatakan tahun ini akan melakukan pembebasan lahan seluas 6,5 hektare (Ha) di empat kelurahan DKI Jakarta. Hal ini dilakukan untuk pembangunan normalisasi Ciliwung.

"Total ada 6,5 Ha. Ada empat kelurahan yaitu Kelurahan Cililitan 0,8 Ha, Kelurahan Rawajati 1,5 Ha, Kelurahan Cawang 2,25 Ha dan Kelurahan Kampung Melayu 1,95 Ha," kata Roedito saat dihubungi pada Selasa (21/2/2023).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan setelah pembebasan lahan dilakukan, ia akan membangun tanggul (sheetpile) dengan panjang trase sungai 4,6 kilometer (km).

Ia menjelaskan pembangunan tanggul tersebut ada di Kelurahan Kampung Melayu sepanjang 1,3 km, Rawajati 1 km, Cawang 1,8 km dan Cililitan 0,5 km. "Alokasi (pembebasan lahan) pada dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) untuk tahun 2023 sekitar Rp 496 miliar," kata dia.

Sementara, pada 2024, Pemprov DKI akan melanjutkan pembebasan lahan untuk pengerjaan normalisasi ciliwung sepanjang 3,2 km yaitu Kelurahan Manggarai 1,5 km, Kelurahan Kebon Manggis 1,2 km dan Kelurahan Bukit Duri 0,5 km.

Namun, ia belum memperhitungkan luas bidang lahan yang akan dibebaskan beserta anggarannya. "DPA untuk tahun 2024 belum (diproyeksikan)," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau normalisasi Kali Ciliwung, Jakarta, pada Selasa (21/2) pagi. Jokowi mengatakan, pengerjaaan normalisasi Kali Ciliwung ini masih sekitar 17 kilometer lagi. Normalisasi akan mengurangi potensi banjir di Jakarta. Ia menyebut, normalisasi Kali Ciliwung ini baru mulai dikerjakan kembali setelah sebelumnya berhenti cukup lama.

"Ini normalisasi Kali Ciliwung kira-kira tinggal 17 kilo (meter), kira-kira 17 kilo (meter). Setelah berhenti agak lama, ini akan segera kita mulai,” ujar Jokowi usai peninjauan di tengah guyuran hujan deras.

Ia menjelaskan, lahan di beberapa titik sudah dibebaskan, seperti di Rawajati sehingga bisa segera dimulai pelaksanaan konstruksi. Sementara di Pengadegan, proses pembayaran ganti rugi untuk pembebasan lahan baru akan mulai dilakukan pada esok hari.

“Sehingga nanti titik-titik yang sudah dibebaskan langsung konstruksinya jalan,” lanjut dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement