Selasa 21 Feb 2023 18:34 WIB

Pelaku Pelecehan Seksual di Bus Transjakarta Rute Monas-Pulogadung Ditangkap

PT Transjakarta mengecam keras tindakan pelecehan seksual di transportasi umum.

Rep: Haura Hafizhah/Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Terduga pelaku pelecehan seksual kepada H di bus Transjakarta rute Monas-Pulogadung, Jakarta pada Senin (20/2/2023).
Foto: @everflawless
Terduga pelaku pelecehan seksual kepada H di bus Transjakarta rute Monas-Pulogadung, Jakarta pada Senin (20/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Apriastini Bakti Bugiansri menanggapi keluhan penumpang yang mengalami pelecehan seksual ketika naik bus  Transjakarta rute Monas-Pulogadung pada Senin (20/2/2023).

Dia menuturkan, manajemen sudah menindaklanjuti peristiwa tersebut dan menyerahkan kasusnya kepada kepolisian. Apriastini pun mengapresiasi gerak cepat polisi yang bisa menciduk laki-laki terduga pelaku pelecehan.

"Benar kejadian tersebut memang terjadi. Merespon laporan korban, Transjakarta sudah menindaklanjuti kejadian tersebut dan menyerahkan kepada pihak berwenang dalam hal ini kepolisian. Pelaku sudah ditangkap dan diamankan oleh pihak berwajib," katanya di Jakarta pada Selasa (21/2/2023).

Apriastini mengaku, sangat berterima kasih serta mengapresiasi keberanian korban dan kesigapan rekan-rekan petugas pramusapa Transjakarta dalam menyikapi setiap kejahatan yang terjadi di lingkungan bus. Sehingga, korban berani bersuara dan pelaku bisa ditangkap.

"Dengan ini, kami menolak dan mengecam keras dan tegas adanya tindakan pelecehan seksual di transportasi umum manapun, khususnya Layanan Transjakarta," katanya.

Apriastini menegaskan, siapa pun pelaku pelecehan seksual harus ditindak keras dan tegas sesuai hukum yang berlaku. "Selanjutnya untuk penanganan kasus tersebut kami serahkan kepada pihak yang berwajib," katanya.

Sementara itu, Kabid humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, polisi telah menangkap pelaku pelecehan seksual di bus TransJakarta rute Monas-Pulogadung. Pelaku bernama Mufarok (56 tahun), merupakan pekerja harian lepas di Tambora, Jakarta Barat. Pelaku diduga menggunakan kartu akses milik anggota Polri yang dicurinya untuk menaiki bus TransJakarta. "Pelaku sudah diamankan," ujar Trunoyudi kepada awak media di Jakarta, Selasa.

Menurut Trunoyudo, saat ini yang bersangkutan masih diperiksa secara intensif oleh penyidik. Pelaku terekam kamera saat berupaya melarikan diri ketika hendak diamankan oleh sejumlah orang di sebuah halte TransJakarta. Dalam video singkat yang beredar di media sosial, tersebut dinarasikan ada seorang laki-laki yang melakukan pelecehan seksual di bus TransJakarta rute Monas-Pulogadung.

Sebelumnya, terjadi pelecehan seksual di bus Transjakarta rute Monas-Pulogadung. Penumpang berinisial H menceritakan hal tersebut melalui akun Twitter pribadinya hingga viral.

"[PELECEHAN SEKSUAL DI TRANSJAKARTA] Senin, 20 Februari 2023. Saya, Haura, pengguna akun ini dilecehkan oleh laki-laki dengan digesek-gesek alat kelaminnya ke bokong saya. Kejadian ini berlangsung dari di Transjakarta rute Monas-Pulo Gadung," katanya dikutip dari akun Twitter @everflawless pada Selasa.

Kemudian, ia menceritakan Transjakarta rute Monas-Pulogadung memang selalu padat setelah jam kerja. "Hari ini saya memutuskan untuk naik dari Halte Monas menuju Pulo Gadung karena rumah saya berada di Kelapa Gading. Saya sudah menyadari keadaan Transjakarta setelah pulang kerja selalu padat," kata H.

Dia mengaku, saat menaiki bus merasakan ada sesuatu yang aneh dan tidak wajar. H meminta pertolongan penumpang lain untuk melihat apa yang sedang terjadi. "Saya langsung memberi tau ke ibu-ibu yang berada di sebelah saya untuk meminta bantuan apakah benar yang saya rasakan," kata H.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement