Selasa 21 Feb 2023 14:54 WIB

Turki dan Suriah Apresiasi Bantuan Kemanusiaan Indonesia

Turki menyebut bantuan tidak hanya dari Pemerintah tapi rakyat Indonesia

Presiden RI Joko Widodo melepas Delegasi Republik Indonesia dalam diplomasi kemanusiaan berupa pengiriman dukungan bantuan pemerintah Indonesia untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, (21/02/2023).
Foto: Dok. Kemenko PMK
Presiden RI Joko Widodo melepas Delegasi Republik Indonesia dalam diplomasi kemanusiaan berupa pengiriman dukungan bantuan pemerintah Indonesia untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, (21/02/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Turki dan Suriah menyambut baik perhatian dan dukungan dari Pemerintah Indonesia terhadap bencana gempa bumi yang terjadi dengan mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana. Duta Besar Ad Interim Turki, Ömer Orhun Çelikkol mengatakan, Pemerintah Turki mengapresiasi dukungan yang diberikan Indonesia, baik dari pemerintah maupun masyarakat.

“Sampai saat ini, telah banyak bantuan yang dikirimkan (pemerintah Indonesia) ke Turki. Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia siap membantu menyalurkan berbagai bentuk bantuan yang dibutuhkan. Kami sangat berterima kasih dengan segala dukungan dari Indonesia,” ujar Ömer, dikutip dari siaran pers Istana, Selasa (21/2/2023).

Ömer menuturkan, tidak hanya di level pemerintahan, tetapi secara individu masyarakat Indonesia juga turut menyalurkan bantuannya kepada para korban bencana gempa. Ömer pun meyakini bahwa bentuk kemanusiaan ini akan makin memperkuat hubungan antara Indonesia dan Turki.

“Bencana ini juga memberikan landasan yang kokoh untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan persaudaraan kedua negara yang sudah kuat. Ini juga akan menjadi jembatan antara kedua negara dan bangsa kita,” lanjutnya.

 

Senada, Duta Besar Suriah untuk Indonesia, Abdulmonem Annan juga meyakini bahwa kegiatan kemanusiaan ini akan memberikan memori yang cukup kuat dalam ingatan dunia. Apalagi, menurutnya, saat ini dunia digital telah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semua orang dapat mengikuti segala kejadian yang terjadi di dunia.

Baca juga : Atlet Muay Thai Penguasa ONE Championship Rodtang Jitmuangnon Mantap Jadi Mualaf

“Begitu mereka melihat bantuan kemanusiaan ini dikirim ke Suriah oleh Presiden Indonesia, hal tersebut akan meninggalkan dampak yang cukup lama dalam ingatan mereka karena negara-negara berkumpul bersama di saat adanya bencana dan kesulitan,” ucapnya.

Abdulmonem mengakui bahwa ini merupakan kali pertama dirinya melihat Presiden dengan jiwa kemanusiaan yang tinggi memberikan dukungan langsung pada saat terjadi bencana. Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa dunia mulai dari negara, pemimpin negara, hingga masyarakat di dunia memberikan perhatian terhadap bencana yang terjadi di Suriah.

“Ini menunjukkan kepada masyarakat di Suriah bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi bencana ini. Mereka mendapatkan dukungan dari saudara mereka dari Indonesia atau negara lainnya yang terletak sangat jauh secara geografi,” kata Abdulmonem.

Baca juga : Pemerintah akan Pulangkan 85 WNI Terdampak Gempa di Turki

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement