Selasa 21 Feb 2023 11:16 WIB

Petani Cengkih di Natuna Sulit Dapatkan Buruh Panen

Upah normal panen cengkih di Natuna kisaran Rp 8.000 hingga Rp 9.000.

Petani memanen cengkih. Musim panen cengkih telah tiba di Natuna, Kepulauan Riau. Namun, petani kesulitan mencari
Foto:

Harga cengkih di Natuna saat ini berkisar Rp 95 ribu per kilogram (kg) untuk yang kering dan Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu untuk yang masih basah.

Ia juga menjelaskan, panen cengkih jika sudah masuk pada puncak panen harus segera di panen serentak, jika tidak kualitas dan berat cengkih akan jauh berkurang dari normal.

"Kita tunggu pada saat buah cengkih sudah dominan berwarna agak kekuningan, jika sudah merah atau bunganya sudah mekar itu kita rugi, beratnya akan jauh berkurang," ujarnya.

Ia juga menjelaskan satu orang biasanya hanya mampu panen satu pohon dalam satu hari dan itu tergantung jarak dan medan kebun cengkih. Mayoritas petani cengkih di kepulauan Natuna berada di lereng bukit, hal itu menyebabkan kesulitan petani untuk mencari tenaga atau orang yang mau menjadi tenaga upah panjat dengan kondisi pada saat puasa.

Panen cengkih di Natuna masih melakukan dengan cara tradisional dengan memanjat secara langsung pada pohon cengkih. Rata rata pohon cengkih di daerah tersebut sudah berusia tua dan besar.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement