Senin 20 Feb 2023 23:18 WIB

Alumni FIB UI Berkolaborasi Bentuk Kolam Talenta

Alumni memiliki ketrampilan yang adaptif untuk mengadopsi kebaruan di era turbulensi.

Gedung Rektorat Universitas Indonesia di Kota Depok, Jawa Barat.
Foto: Dok Humas UI
Gedung Rektorat Universitas Indonesia di Kota Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (ILUNI FIB UI) berupaya memperkokoh ekosistem kolaborasi antaralumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) melalui serangkaian kegiatan. Agenda itu di antaranya program berbasis budaya, kewirausahaan, ekonomi kreatif, literasi, dan sosial. Program yang berkonsep Kelompok Kerja (Pokja) ini mengedepankan prinsip kolaborasi untuk mengkreasikan kolam talenta (talent pool) para alumni dan mahasiswa FIB UI. 

Hal ini disampaikan Patria Pinandita Ginting Suka, Ketua Umum ILUNI FIB UI Periode 2022-2025, pada Pengukuhan Ketua Umum ILUNI FIB UI di Salemba, Senin (20/2/2023). Patria Ginting, sapaan akrabnya, mengatakan serangkaian program yang akan diinisiasi oleh Pokja ILUNI FIB ini bertautan dengan semangat Cinta Budaya yang berlandaskan pada prinsip kolaborasi dan gotong royong dengan seluruh pemangku kepentingan.

Baca Juga

“ILUNI FIB UI meyakini kolaborasi dan semangat gotong royong di Pokja ini akan mencetak kolam talenta. Kolaborasi ini diharapkan semakin memacu partisipasi aktif para alumni FIB UI, mahasiswa, dosen, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya di kampus FIB UI dan bergotong royong bersama ILUNI UI,” tutur Patria.

ILUNI FIB UI meyakini para alumni memiliki ketrampilan yang adaptif untuk mengadopsi kebaruan di era turbulensi, ketidakpastian, kebaruan, dan ambiguitas. 

Berdasarkan data FIB UI, rerata lulusan FIB UI sekitar 800-900 orang per tahun. Para lulusan ini merupakan talenta yang potensial untuk mengabdi di berbagai bidang yang berdampak terhadap pembangunan nasional.  ILUNI UI berharap para alumni FIB berkontribusi terhadap pembangunan SDM untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. “Kami meyakini bahwa Indonesia dapat menjadi negara adi budaya yang SDM-nya berkepribadian unggul dalam kebudayaan,” ucap Patria yang meraih Sarjana Humaniora pada Program Studi Ilmu Sejarah (2001-2005).

Patria berharap alumni FIB UI yang berkarier di berbagai bidang mempraktikkan prinsip gotong royong untuk mengkreasikan ekosistem kolaborasi yang berdampak terhadap pembangunan SDM. Merujuk data Badan Pusat Statistik, Patria menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada 2022 mencapai 72,91, atau meningkat 0,86 persen dibandingkan tahun sebelumnya (72,29). 

"Tren positif diharapkan berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan kami berharap para alumni FIB UI bisa berkontribusi terhadap pembangunan SDM, sesuai kemahirannya di bidang-bidang tersebut,” ucap Patria merampungkan S2 di Jurusan Advertising Marketing, University of Leeds, Inggris (2006-2007).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement