Jumat 17 Feb 2023 08:07 WIB

Satpol PP Razia Ratusan Manusia Silver dan Pengemis di Jakarta

Mereka yang terjaring adalah manusia gerobak dan silver, pengamen, serta pengemis.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Anak-anak berpenampilan manusia silver di JPO Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Senin (29/6).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Anak-anak berpenampilan manusia silver di JPO Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Senin (29/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta melakukan razia terhadap kalangan manusia silver hingga pengemis atau biasa disebut pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) di berbagai titik di Jakarta. Tercatat dalam periode 9-15 Februari 2023, jumlah PPKS yang dijaring mencapai hingga 464 orang.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin mengatakan, ratusan orang PPKS yang terjaring operasi ketertiban umum tersebut meliputi manusia gerobak dan silver, pengamen, serta pengemis. "Mereka dijangkau petugas gabungan dalam operasi di sejumlah ruas jalan, pasar dan sebagainya di lima wilayah kota," ujar Arifin di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Dia menjelaskan, jajarannya terus menggencarkan operasi terhadap para PPKS hingga Idul Fitri 2023. Pasalnya, keberadaan PPKS semakin banyak pada saat Ramadhan serta menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan razia tersebut turut melibatkan sejumlah personel dari Dinas Sosial DKI, Polri, dan TNI. Arifin menyebut, dalam razia tersebut, para warga yang berasal dari luar Jakarta yang sengaja datang ke Jakarta untuk menjadi PPKS juga dipastikan akan ikut dijaring. Namun terkait penindakan lanjutan, dia belum bisa memastikan.

"PPKS yang terjaring langsung dibawa ke panti sosial untuk dibina. Apakah nanti mereka akan dipulangkan ke kampung halamannya, itu kebijakan dari Dinas Sosial," tutur Arifin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement