Kamis 16 Feb 2023 12:22 WIB

Siap-siap SNBP 2023, Ini Kiat Tepat Pilih Jurusan

Jangan memilih program studi atau jurusan yang tidak sesuai minat/kemampuan,

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023 dibuka sejak Selasa (14/2/) pukul 15.00 WIB/ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023 dibuka sejak Selasa (14/2/) pukul 15.00 WIB/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad (Unpad) Prof Arief SKartasasmita memberikan kiat memilih program studi saat akan mengikuti Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023."Pilih program studi sesuai minat dan kemampuan, agar tidak terjadi kendala pada saat studi nanti di kuliah. Memilih program studi sesuai minat dan kemampuan penting dilakukan," kata Prof. Arief dalam laman unpad.ac.id, Kamis (16/2/2023).

SNBP dibuka sejak Selasa (14/2/2023) pukul 15.00 WIB dan daya tampung Universitas Padjadjaran untuk jalur SNBP 2023 adalah sebesar 20 persen dari total daya tampung keseluruhan.

Baca Juga

Arief menegaskan jangan memilih program studi yang tidak sesuai minat/kemampuan, memilih karena diminta atau ikut-ikutanhingga memilih karena program studi tersebut memiliki tingkat keketatan yang rendah.Hal tersebut, kata dia, dikhawatirkan akan membuat proses belajar di perguruan tinggi menjadi tidak optimal. Kendati demikian, memilih program studi sesuai minat atau passion saja tidak cukup.

Menurut dia, ketidakmampuan diri untuk mengikuti perkuliahan juga bisa menjadi sesuatu yang menghambat proses perkuliahan sehingga memilih program studi juga harus disesuaikan dengan kemampuan diri.

 

"Jadi walaupun passion-nya ke sana, kalau kemampuannya belum begitu kuat, jangan terlalu dipaksakan,'' ujarnya.

Arief juga mengingatkan memilih perguruan tinggi di SNBP harus disesuaikan dengan dukungan dari faktor lain, salah satunya kemampuan dari segi biaya.Dia mendorong pendaftar untuk memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan jarak dan kemampuan finansial.

Terkait hal ini, kata dia, Unpad berkomitmen untuk membantu mahasiswa jika sewaktu-waktu memiliki kendala saat berkuliah."Jadi mungkin bisa dipilih kampus yang sesuai dengan kemampuan orang tua. Dalam hal ini Unpad juga tentu akan membantu jika ada mahasiswa yang memerlukan bantuan," kata Prof Arief.

Untuk tahun ini pendaftaran program studi di SNBP bisa terbuka oleh seluruh pendaftar dari berbagai bidang keilmuan."Kita percaya dengan sistem seleksi yang digunakan untuk SNBP, dengan menggunakan model yang sekarang, seluruh mata kuliah bisa menyaring sesuai dengan kemampuan dasarnya," kata Arief.

Dengan dibukanya pendaftar dari berbagai disiplin ilmu, kata dia,berdampak pada peningkatan tingkat keketatan untuk masuk Unpad.Diharapkan dengan itu akan meningkatkan pula kualitas mahasiswa yang akan diterima Unpad.

"Mudah-mudahan kita mendapatkan hasil paling baik. Walaupun demikiantingkat keketatan yang meningkat tidak terjadi di semua program studi,'' kata Arief.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement