Selasa 14 Feb 2023 20:16 WIB

Dokter: Melengkapi Dosis Vaksinasi Covid-19 Penting Agar Laju Kasus Terkendali

Hingga kini, kasus Covid-19 di Indonesia terkendali meski PPKM sudah dicabut.

Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis keempat ke warga.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis keempat ke warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah dan Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro meminta masyarakat untuk melengkapi dosis vaksinasi COVID-19. Hal ini dibutuhkan agar laju kasus secara nasional tetap dapat terkendali optimal.

"Kondisi ini harus kita jaga dengan baik agar tidak ada lagi lonjakan kasus. Pandemi belum usai, agar pandemi tetap terkontrol dengan baik, salah satu upaya yang penting adalah dengan vaksinasi lengkap dan booster," kata Reisa Broto Asmoro, dalam siaran Radio Sehat yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, kasus COVID-19 di Indonesia tetap terkendali meskipun kebijakan PPKM telah dicabut.

"Kondisi ini harus terus dijaga. Salah satu caranya adalah masyarakat mendapatkan vaksin dosis lengkap dan booster pertama dan kedua," katanya.

Reisa mengatakan, masyarakat harus mensyukuri situasi transmisi pandemi saat ini, karena penanganan di Indonesia sangat baik dan sejauh ini kondisi stabil, dan masyarakat bisa kembali beraktivitas di luar rumah. Masyarakat perlu tahu bahwa enam bulan setelah penyuntikan dosis lengkap, pasti ada penurunan antibodi. Oleh karena itu, butuh vaksin booster agar proteksi diri terhadap COVID-19 kembali meningkat.

"Ini penting sekali terutama untuk kelompok rentan. Itu sebabnya kalau sudah lengkap vaksin dua dosis, jangan lupa juga lengkapi dengan booster atau lanjutannya agar kita tidak mudah tertular dan menurunkan risiko perburukan akibat COVID-19," ujarnya.

Ia mengatakan, mulai 24 Januari, pemerintah menjalankan program vaksinasi booster kedua untuk orang berusia 18 tahun ke atas. Vaksin yang digunakan merupakan jenis vaksin yang telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Reisa mengajak masyarakat memanfaatkan booster kedua sebaik mungkin. "Supaya kita bisa mengantisipasi COVID-19," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement