Senin 13 Feb 2023 05:39 WIB

Inspirasi di Balik Diorama dan Sejarah Penambangan Timah

Museum timah memberikan inspirasi kepada masyarakat terkait penambangan timah.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi saat membuka pameran foto sejarah di Museum Timah Indonesia Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung, Selasa (26/7/2022).
Foto:

Riwayat MTI Pangkalpinang

MTI Pangkalpinang resmi ditetapkan menjadi cagar budaya Kota Pangkalpinang melalui Peraturan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Nomor: PM/13/PW.007/MKP/2010, pada tanggal 28 Januari 2010 dan dilindungi UU Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Bangunan itu didirikan pada masa Kolonial Belanda oleh Banka Tin Winning Bedrijjf (BTWF) sebagai rumah dinas Hoofd Adminstrateur BTW.

Pada 1949 gedung itu digunakan sebagai tempat persiapan perundingan Roem-Royen, perundingan antara wakil pemerintah RI utusan Komisi Tiga Negara (KTN) PBB dan utusan Hindia Belanda. Setelah melalui beberapa perundingan lahirlah Konferensi Roem-Royen pada 7 Mei 1949 yang salah satuny berisi Pemerintah Hinda Belanda setuju Pemerintahan RI kembali ke Yogyakarta. 

 

Kemudian, setelah pengambilan alih dari BTW ke tangan PN. Tambang Timah Bangka pada 1 Maret 1953 rumah ini dijadikan Museum Wisma Budaya dan pada awal tahun 1960 dikembangkan menjadi Museum Timah sebagai saranan pembelajaran tentang pertimahan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement