Jumat 10 Feb 2023 07:47 WIB

Banten Siap Hadirkan 100 UMKM pada Launching Bangga Buatan Indonesia

Banten memiliki potensi besar baik dari destinasi wisata maupun UMKM.

Pekerja menyablon tas jinjing di salah satu UMKM penyablonan di Tangerang Selatan, Banten, (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin
Pekerja menyablon tas jinjing di salah satu UMKM penyablonan di Tangerang Selatan, Banten, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Pemprov Banten akan menghadirkan sekitar 100 jenis UMKM yang sudah melalui seleksi atau kurasi oleh Bank Indonesia , pada kegiatan kick off Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang akan dilaksanakan Jumat (10/2/2023) di halaman Masjid Al Bantani di Serang.

"Di sini kalau nggak salah ada seratusan 100-an.UMKM yang sudah dikurasi oleh BI," kata Penjabat Sekda Banten M Tranggono saat memantau kesiapan untuk kegiatan tersebut di Serang, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, kegiatan yang digagas Menko Maritim dan Investasi tersebut berupa launching kaitannya dengan bangga buatan Indonesia (BBI) dan bangga berwisata Indonesia (BBWI). "Tujuannya bagaimana wisatawan yang biasa ke luar bisa ditarik ke dalam, terus juga kaitan dengan UMKM dan BBI dan BBWI sejalan," kata Tranggono.

Ia mengatakan, Banten memiliki potensi besar baik dari destinasi wisata maupun UMKM. Sehingga Banten juga harus mampu mengembangkan program teraebut termasuk dalam upaya pemenuhan target nasional kunjungan wisatawan nusantara sekitar 1,5 miliar.

"Nah setelah dibagi kita punya kewajiban nih Provinsi Banten tahun 2023 hampir 70,1 juta kunjungan wisata," kata Tranggono.

Adapun kaitannya dengan UMKM, kata dia, kegiatan tersebut juga dalam upaya mendorong UMKM lebih berkembang dan banyak diminati masyarakat.

"Ada kurang lebih 300 UMKM yang onboard, jadi on board ini nanti dibagi. UMKM yang tradisional, UMKM yang sifatnya untuk pasar modern dan UMKM yang sifatnya nanti untuk ke luar negeri," katanya.

Tranggono mengatakan, kick off BBI dan BBWI di Banten, rencananya akan dihadiri sejumlah menteri dan delapan gubernur atau yang mewakili dari delapan provinsi yang diundang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement