Rabu 08 Feb 2023 12:59 WIB

Isu Utang Anies Rp 50 Miliar, Fakta atau Bukan? Dua Kubu Beda Pernyataan

Geisz Chalifah dan para pendukung Anies mengaku siap bayar jika data utang itu valid.

Rep: Fergi/Dadang/Nawir/ Red: Teguh Firmansyah
Eks Komisaris Ancol sekaligus loyalis Gubernur DKI periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan, Geisz Chalifah.
Foto: @GeiszChalifah
Eks Komisaris Ancol sekaligus loyalis Gubernur DKI periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan, Geisz Chalifah.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Isu bahwa Anies Baswedan memiliki utang Rp 50 miliar ke Sandiaga Uno memicu polemik. Sandiaga Uno yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menganggap selesai masalah itu meski tidak dijelaskan rincian detail soal besaran itu. 

Namun, sejumlah pendukung Anies bertanya-tanya ihwal utang tersebut. Geis Chalifah saat dialog di sebuah televisi nasional dan melalui akun Instagram-nya menilai, pernyataan utang itu sangat tidak menarik. 

Baca Juga

"Pernyataan yang sangat tidak menarik. Melempar isu tapi data validnya tidak dibuka," ujar Geisz melalui akun Intagram @geisz_chalifah, Selasa (7/2/2022) malam. 

Ia menegaskan, jika Anies masih berutang maka ia akan segera membayarnya.  "Kalau benar Anies masih ada berutang maka buka saja, saya Geisz Chalifah Perhari ini dan kita semua (Para Pendukung Anies). Akan mengupayakan membayar hutang tersebut."

Namun sayangnya, kata ia, pernyataan tentang utang itu hanya menjadi opini lalu menjadi perdebatan publik tanpa data yang dibuka seterang-terangnya. "Buka saja suratnya."

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Erwin Aksa menyebut, Anies Baswedan memiliki utang pada Sandiaga Uno saat Pilkada 2017. Erwin memperkirakan utang terebut kurang lebih Rp 50 miliar.

"Utang tersebut digunakan untuk membiayai logistik Pilkada Jakarta 2017 lalu," kata Erwin saat menjadi bintang tamu podcast Akbar Faizal di Channel YouTube Akbar Faizal Unsecsored seperti dilansir pada Selasa (7/2/2023).

Perjanjian utang piutang tersebut dibuat oleh Erwin dan pengaca Sandiaga, Rikrik Rizkiyana. Erwin saat itu menjadi salah satu tim sukses pasangan Anies-Sandi pada Pilkada 2017.

Hingga kini, Erwin mengatakan, utang tersebut belum lunas. "Saya baru tahu juga waktu itu memang waktu putaran pertama, ya sedang tertatih-tatih. Logistik juga susah, jadi yang punya logistik kan Sandi. Dia banyak saham, likuiditas juga bagus dan sebagainya," kata Erwin.

Sandiaga Uno saat ditanya perihal utang itu mengaku sudah tidak ingin lagi membahasnya.  Sandi mengatakan, setelah ia shalat istikharah dan berdiskusi dengan keluarga, memutuskan tidak lagi membahas terkait utang tersebut. 

"Setelah saya shalat istikharah, setelah saya menimbang, berkoordinasi dengan keluarga, saya tidak ingin melanjutkan pembicaraan mengenai ini (utang Anies)" kata Sandi di Sidoarjo, Selasa (7/2).

Menurut Sandi, lebih baik masalah utang ini disampaikan ke pihak lain yang mengetahui permasalahan secara utuh. Sandi kembali menegaskan, baginya pembahasan mengenai utang tersebut sudah selesai. Sandi memilih fokus mempersiapkan diri menjelang Pilkada seretak 2024.

Anies dan Sandi merupakan pasangan dalam Pilkada DKI pada 2017 lalu. Pasangan Anies-Sandi berhasil mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat dengan suara meyakinkan. Namun pada 2019, Sandiaga Uno mundur dari wagub. Ia lantas berpasangan dengan Prabowo Subianto untuk maju dalam pilpres.  

Sementara itu, pendiri KedaiKopi Hedri Satrio mengaku diminta Anies Baswedan menjelaskan persoalan utang Rp 50 miliar Anies ke Sandiaga Uno. Hendri menyebut perjanjian pinjam meminjam antara Anies dengan Sandiaga sudah selesai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement