Jumat 03 Feb 2023 19:27 WIB

Sail Teluk Cenderawasih 2023 Angkat Potensi Ekonomi Daerah

Sail Teluk Cenderawasih Biak tidak hanya kegiatan acara seremonial

Ilustrasi Sail Teluk Cenderawasih
Foto: Youtube
Ilustrasi Sail Teluk Cenderawasih

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Pemerintah Provinsi Papua menyebut pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC) yang melibatkan empat kabupaten Biak, Sarmi, Yapen dan Kabupaten Waropen untuk mempromosikan berbagai potensi kekayaan sumber daya alam perikanan,pariwisata, seni budaya serta mengangkat perekonomian pengusaha kecil setempat.

Sail Teluk Cenderawasih Biak tidak hanya kegiatan acara seremonial. "Acara ini mengangkat potensi sumber daya alam daerah di sektor kemaritiman, " ujar pelaksanaan tugas Asisten II Sekda Papua Suzanna Wanggai pada pengenalan STC 2023 di Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga

Plt Asisten II Sekda Papua Suzana Wanggai mengharapkan, melalui STC 2023 memberikan manfaat bagi masyarakat lokal Papua di empat kabupaten.

Suzana mengatakan, pemprov Papua memberikan apresiasi atas penyelenggaraan STC 2023 yang digagas Pemkab Biak Numfor, Sarmi, Yapen dan Kabupaten Waropen karena telah membuka potensi perikanan dan kelautan serta sektor pariwisata daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan, dengan kegiatan STC 2023 dapat mengangkat potensi sektor pariwisata, perikanan, perekonomian pelaku UMKM dan seni budaya daerah.

"Biak Numfor berada di wilayah penangkapan perikanan WPP 717 sangat potensial dengan jenis ikan tuna yellow fine, kepiting dan mangrove di Kabupaten Waropen, Yapen kepulauan dengan jenis ikan baramundi dan Kabupaten Sarmi potensi perikanan udang dan pertanian, " katanya.

Ia berharap, STC 2023 di Kabupaten Biak Numfor dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Biak sekitarnya.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah terus berkomitmen untuk membantu penyelenggaraan STC 2023 Biak karena sangat berpeluang membuka peluang peningkatan ekonomi baru bagi warga Papua.

"Berbagai potensi dimiliki Biak Numfor seperti perikanan dan kelautan, pariwisata, pertanian serta peternakan punya prospek ke depan untuk menopang kedaulatan maritim Indonesia di wilayah Pasifik, " kata Menteri Koordinator perekonomian dan investasi," Menteri Luhut Pandjaitan pada launching STC 2023 di Jakarta, Jumat.

Luhut memuji pelaksanaan STC 2023 di Biak dengan mengusung tema memantapkan kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik dengan tagline "Torang Hebat".

STC Biak Numfor juga mengedepankan kebersamaan antar kabupaten diharapkan bisa meningkatkan kemajuan daerah khusus sumber daya manusia.

"Saya harap warga bersama pemerintah untuk menyukseskan iven nasional STC 2023 yang berlangsung di Kabupaten Biak Numfor, " harap Luhut Pandjaitan.

Peluncuran STC 2023 berlangsung 3 Februari 2023 di Kawasan Sarinah Jakarta Pusat dilakukan bersama Luhut binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan KSP Moeldoko.

Serta Bupati Biak Herry Ario Naap, Wabup Waropen Lamek Maniagasi, Plt Asisten II Sekda Papua Suzana Wanggai dengan menabung tifa bersama.

Peluncuran STC 2023 juga dilakukan pameran hasil produk pelaku usaha dari Biak, Yapen,Waropen dan Kabupaten Sarmi di kawasan bisnis Sarinah Jakarta Pusat.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement