Selasa 29 Aug 2023 15:29 WIB

Di Desa ini Terdapat Banyak Hiu dan Paus

Hiu dan paus merupakan hewan laut yang dilindungi.

Ilustrasi ikan hiu di pesisir.
Foto: VOA
Ilustrasi ikan hiu di pesisir.

REPUBLIKA.CO.ID, BONE BOLANGO -- Desa wisata Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, meraih piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai desa wisata yang memiliki habitat hiu paus terbanyak dekat dari daratan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Aryanto Husain penghargaan itu merupakan salah satu pencapaian yang baik bagi objek wisata hiu paus Desa Botubarani dan Provinsi Gorontalo.

Baca Juga

"Di Indonesia ada beberapa tempat yang punya data tentang hiu paus, tapi yang sangat dekat dengan daratan hanya di Gorontalo," ujar Aryanto.

Aryanto mengungkapkan, selain mendapat rekor MURI, objek wisata minat khusus hiu paus di Desa Botubarani juga meraih peringkat tiga kategori daya tarik pengunjung pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

"ADWI ini program nasional, otomatis akan mengangkat citra Gorontalo, khususnya desa wisatanya semakin dikenal," ujar Aryanto.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma di Bone Bolango mengatakan, jika ia mewakili Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat penghargaan MURI dan juara tiga kategori daya tarik pengunjung ADWI untuk Desa Botubarani di Jakarta pada Ahad (27/8).

Dengan adanya dukungan dana untuk pengembangan kawasan wisata, maka wisata hiu paus botubarani memiliki peluang untuk menjadi wisata kelas dunia.

Apalagi, kata Ishak lagi, satu-satunya wisata hiu paus di dunia yang bisa diakses dengan mudah oleh para wisatawan berada di Desa Botubarani.

Desa Wisata Botubarani memiliki atraksi utama, yaitu wisatawan dapat melihat hiu paus dari atas perahu atau berenang snorkeling hingga scuba diving.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement