Jumat 03 Feb 2023 13:18 WIB

KNPI Gelar Mukernas dan Musyawarah Agung, Luhut dan Ridwan Kamil Dijadwalkan Hadir 

2.000 peserta dari seluruh wilayah di Indonesia untuk menghadari rakernas KNPI.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Ketua DPD KNPI Jawa Barat Ridwansyah Yusuf (kiri), mendampingi Ketua Umum DPP KNPI Ryano Panjaitan.
Foto: Istimewa
Ketua DPD KNPI Jawa Barat Ridwansyah Yusuf (kiri), mendampingi Ketua Umum DPP KNPI Ryano Panjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bakal menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Musyawarah Agung di Kota Bandung, Jawa Barat. Menurut Ketua DPD KNPI Jawa Barat Ridwansyah Yusuf, agenda yang berlangsung pada 3-4 Februari 2023 ini, akan diikuti oleh ribuan pemuda dari seluruh wilayah di Indonesia.

Bahkan, kata Ridwansyah, Rakernas KNPI yang akan dibuka di Gedung Merdeka ini akan dihadiri sejumlah tokoh Nasional. Di antaranya, Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan hingga Gubernur Ridwan Kamil.

“Kegiatan Rakernas KNPI ini akan diisi dengan rapat kerja, seminar dan kirab budaya bersama raja-raja sultan, dan tokoh adat se-Indo. Dan kita akan menutup kegiatan kita di Sabtu malam dengan pesta rakyat,” ujar Ridwansyah, Jumat (3/2/2023).

Gedung Merdeka, kata dia, dipilih sebagai tempat pembukaan Rakerna KNPI untuk mengenang kembali perjuangan negara Asia-Afrika yang telah menetapkan masa depannya. Ridwansyah berharap, spirit yang sama bisa terwujud supaya para pemuda bisa merumuskan masa depannya untuk Bangsa Indonesia.

“Harapannya, dengan adanya kegiatan ini dan besok, banyak hal yang bisa kita buat, banyak hal yang bisa kita susun untuk merencanakan masa depan pemuda dan masa depan bangsa kita,” katanya.

Selain acara seremonial, Rakernas KNPI juga akan diisi pesta rakyat berupa festival UMKM di Jl Soekarno-Hatta. Ada juga pertemuan khusus dengan para raja dan sultan di Gedung Sate pada malam ini, untuk bisa lebih mengenal Indonesia secara luas sebagai bekal KNPI merumuskan masa depannya.

“Saya mohon dukungan dari semua masyarakat Kota Bandung untuk kelancaran acara ini, dan mudah-mudahan Jawa Barat sebagai tuan rumah bisa menjadi tepat gagasan yang hadir pada kali ini,” katanya.

Rencananya, kata dia, akan ada lebih dari 2.000 peserta yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia untuk menghadari Rakernas KNPI. Kemudian 200-an organisasi kepemudaan (OKP), dan turut dimeriahkan oleh 190 sultan, raja hingga tokoh adat yang sudah terkonfirmasi hadir dalam Rakernas KNPI 2023. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement