Selasa 31 Jan 2023 07:27 WIB

Sudirman Said: Anies Baswedan Sudah Usulkan Sejumlah Cawapres

Ketua Tim Sudirman Said sebut Anies Baswedan sudah mengusulkan sejumlah cawapres.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman telah berkonsultasi dengan Ketua Majelis Syura PKS dan secara resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada 2024, di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman telah berkonsultasi dengan Ketua Majelis Syura PKS dan secara resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada 2024, di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ketua dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said mengatakan, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyerahkan keputusan terkait calon wakil presiden (cawapres) kepada Anies. Namun, ia mengungkapkan, Anies sudah menyebut sejumlah nama yang akan menjadi pendampingnya.

"Iyalah (sudah menyebut sejumlah nama), Pak Anies. Saya tidak bisa menyebutkan berapa nama, tapi pasti sepanjang perjalanan itu kan berinteraksi kepada orang yang berpotensi, berinteraksi dengan yang disodorkan partai politik," ujar Sudirman di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1/2023).

Baca Juga

Anies telah mengungkapkan tiga kriteria pasangannya untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Pertama, memberikan kontribusi dalam proses pemenangan dalam kontestasi nasional mendatang.

Kedua, membantu dalam memperkuat dan menghadirkan stabilitas dalam koalisi. Terakhir, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif ketika nanti terpilih sebagai presiden periode 2024-2029.

"Sudah disebutkan Pak Sohibul, Pak Riefky juga, untuk cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Pak Anies," ujar Sudirman.

Ia sendiri bersyukur, PKS sudah secara resmi menyatakan sikapnya. Koalisi yang terdiri atas Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS disebutnya sudah siap mengusung Anies sebagai capres pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Karena pada hari ini, Pak Anies bakal calon presiden yang pertama kali mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup. Ini artinya, bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan," ujar Sudirman.

Sikap resmi Partai Demokrat dan PKS disebutnya menjadi bentuk kesolidan bersama Partai Nasdem yang sejak awal mendeklarasikan Anies. Dukungan tersebut juga wujud kepercayaan rakyat terhadap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Kita semua bersyukur satu per satu dukungan dari partai partai politik resmi diputuskan. Ini wujud kepada Pak Anies Baswedan, tetapi juga wujud kepercayaan besar dan harapan akan hadirnya perubahan yang dinantikan oleh orang banyak," ujar Sudirman.

"Selanjutnya, dalam waktu dekat para pimpinan puncak politik akan bertemu untuk menyusun menyepakati piagam koalisi, dan dalam waktunya InsyaAllah akan dilakukan deklarasi bersama seluruh partai politik pendukung Pak Anies Baswedan," kata mantan sekretaris jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement