Selasa 24 Jan 2023 17:44 WIB

Walkot Bandung Dukung Penyusunan Perda Pencegahan LGBT

Walkot Bandung Yana Mulyana mendukung pembentukan perda pencegahan LGBT.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Puluhan massa dari Aliansi Pergerakan Islam Jawa Barat (API Jabar) menggelar aksi pernyataan sikap menolak LGBT, di depan Gedung Sate, Kota Bandung. Walkot Bandung Yana Mulyana mendukung pembentukan perda pencegahan LGBT.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Puluhan massa dari Aliansi Pergerakan Islam Jawa Barat (API Jabar) menggelar aksi pernyataan sikap menolak LGBT, di depan Gedung Sate, Kota Bandung. Walkot Bandung Yana Mulyana mendukung pembentukan perda pencegahan LGBT.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Yana Mulyana mendukung pembentukan peraturan daerah (perda) tentang pencegahan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Namun, begitu proses legislasi berada di DPRD Kota Bandung.

"Tentunya menyepakati (perda) karena itu selain menyalahi norma agama, norma hukum juga," ujarnya di sela-sela acara pelantikan PPS di Gedung Sport Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga

Namun begitu, ia mengatakan proses penyusunan perda pencegahan LGBT berada di tangan DPRD Kota Bandung. Yana sendiri mengatakan apabila perda disepakati maka dapat disusun bersama dengan DPRD Kota Bandung.

"Proses menuju ke sana kita kembalikan ke DPRD karena proses legislasi ada di sana. Tapi Insya Allah kalau itu disepakati, naskah akademik susun bersama tapi prinsip sepakat," katanya.

Sebelumnya, DPRD Kota Bandung mewacanakan untuk menyusun rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pencegahan dan larangan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT). Sebelumnya mereka mendapatkan aspirasi dari kelompok masyarakat tentang pencegahan LGBT.

"Baru kemarin ada aspirasi (pencegahan LGBT)," ujar Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, Jumat (20/1/2023).

Ia mengatakan aspirasi dari kelompok masyarakat menginginkan agar praktik LGBT di Kota Bandung tidak terus berkembang dan marak. Sebab LGBT tidak sesuai dengan filosofi negara yaitu Pancasila dan dilarang agama.

"Harus ada upaya, jangan sampai marak dan tidak sesuai dengan filosofi negara Pancasila, dari aspek agama juga," ungkapnya.

Ia menuturkan aspirasi tersebut akan didiskusikan bersama badan peraturan daerah (baperda) DPRD Kota Bandung. Tedy mengatakan diskusi yang dibahas terkait upaya pencegahan dan aspek-aspek lainnya seperti kesehatan.

"Tentunya perlu ada tindaklanjut walau kita juga ingin mengetahui lebih detail juga dari kebijakan pusat terkait hal ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement