Senin 16 Jan 2023 19:24 WIB

Ditanya Reshuffle akan Terjadi Januari Ini? Begini Jawaban Mensesneg Pratikno

Pratikno menegaskan belum ada rencana reshuffle pada Januari ini

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nashih Nashrullah
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Mensesneg Pratikno.
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Mensesneg Pratikno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan wacana reshuffle tidak akan dilakukan pada Januari ini. 

Kendati demikian, dia enggan menjawab saat kembali ditanya apakah reshuffle akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan depan.

Baca Juga

“(Reshuffle Januari) enggak, enggak ada. (Februari) ya enggak tahu kalau itu,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/1/2022).

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga ditanya terkait wacana perombakan kabinet. Namun, dia enggan memberikan tanggapannya saat ditanya apakah reshuffle akan dilakukan pada Januari ini.

“Kamu kan bilang bocoran, saya bertanggung jawab untuk menjaga jangan sampai bocor,” ujar Pramono.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi berulang kali memberikan isyaratnya untuk melakukan perombakan kabinet. Reshuffle santer beredar akan dilakukan terhadap menteri dari kader Nasdem setelah elite PDIP semakin gencar melancarkan serangan-serangannya.

Terakhir saat melakukan kunjungan kerja di Dumai, Jokowi memberikan isyarat akan melakukan reshuffle dalam waktu dekat. Jokowi menyebut reshuffle bisa saja dilakukan besok atau beberapa hari ke depannya.

“Besok. Ya besok, bisa Jumat, bisa Senin, bisa Selasa, bisa Rabu,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Kamis (5/1/2022).

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin menyebut kemungkinan reshuffle atau perombakan menteri jajaran Kabinet Indonesia Maju akan dilakukan pada Januari ini.

Dia pun meminta masyarakat untuk menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait reshuffle ini. "Mungkin Januari ini," ujar Ali Ngabalin kepada wartawan, Kamis (5/1/2022).

Ngabalin pun mengingatkan agar menteri yang terkena reshuffle nantinya tak marah jika harus diganti.

"Kalau nanti ada menteri yang diganti harus tetap semangat dan tersenyum seperti saat awal anda dipilih. Jangan marah, jangan dongkol karena waktu anda sudah sampai di sini saja," ujarnya.

Dia juga meminta para menteri tetap berterima kasih kepada Jokowi karena telah ditunjuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

"Tetap dan harus berterima kasih pada Presiden saat diangkat dan diberhentikan beliau," kata dia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi beberapa kali memberi isyarat dan meminta masyarakat untuk menunggu perombakan kabinet yang akan dilakukannya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement