Kamis 29 Dec 2022 15:30 WIB

Sejumlah Jalan di Surabaya akan Disekat Saat Malam Tahun Baru

Penyekatan yang dilakukan selain mencegah konvoi antarkota dan kerumunan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nur Aini
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sejumlah ruas jalan yang menjadi pintu masuk maupun di dalam Kota Surabaya, Jawa Timur akan disekat saat malam tahun baru 2023.
Foto: istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sejumlah ruas jalan yang menjadi pintu masuk maupun di dalam Kota Surabaya, Jawa Timur akan disekat saat malam tahun baru 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA SURABAYA -- Sejumlah ruas jalan yang menjadi pintu masuk maupun di dalam Kota Surabaya, Jawa Timur akan disekat saat malam tahun baru 2023. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, penyekatan yang dilakukan selain mencegah konvoi antarkota, juga untuk mencegah munculnya kerumunan masyarakat mengingat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. "Hasil Rakor Pengamanan Libur Nataru di Polda Jatim, bahwa nanti akan dilakukan penyekatan di beberapa titik ke arah Surabaya. Ini menghindarkan kerumunan, konvoi antarkota, yang dikhawatirkan menimbulkan hal yang tidak kita inginkan," kata Khofifah, Kamis (29/12/2022).

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, Kompol Arif Fazlurrahman menjelaskan, pihaknya bakal melakukan penyekatan berlapis untuk masuk Kota Surabaya. Penyekatan itu meliputi jalan perbatasan, jalan protokol, hingga obyek-obyek vital di pusat Kota Pahlawan. "Penyekatan tersebut juga melibatkan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) atau instansi samping," ujarnya.

Baca Juga

Ia pun merinci titik penyekatan yang di antaranya dilakukan di Bundaran Waru yang merupakan perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo. Penyekatan juga dilakukan di Brebek Industri, Giant Pondok Candra, Jembatan Baru Karang Pilang, Mer Gunung Anyar, Lakarsantri-Menganti Romokalisari, Menganti-Benowo.

Kemudian di Simpang 3 Indrapura-Rajawali, Rajawali-JMP, Simpang 4 Dupak-Demak, dan Simpang 4 Kedung Cowek-Kenjeran. "Kami siagakan personel di titik penyekatan antarkota itu sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB," ujarnya.

Selain di perbatasan, Arif menyebut penyekatan juga dilakukan di dalam Kota Surabaya. Yaitu di Bundaran Dolog (Taman Pelangi), Flyover Mayangkara, Kebun Binatang Surabaya (KBS), Traffic light simpang empat Jalan Pandigeling-Urip Sumoharjo, Flyover Pasar Kembang, Polisi Istimewa, Tembaan-Bubutan, Pahlawan-Tembaan, Kawasan Lenmarc, dan Simpang tiga Jalan Mastrip-Wiyung.

Selanjutnya di depan Hotel Bumi, Tunjungan Plaza, BG Junction, PTC Surabaya, di Jalan Tunjungan, Jalan Raya Darmo, Jalan Kertajaya, Jalan Merr, Ir Soekarno, dan di Jalan Pemuda. "Penyekatan di dalam kota ini untuk mengantisipasi penumpukan jalur protokol dan tengah kota. Karena biasanya dijadikan tempat berkumpul, sehingga akan dilakukan penyekatan mulai pukul 21.00 WIB hingga 03.00 WIB," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement