Selasa 27 Dec 2022 15:36 WIB

Panen Bawang Merah dan Cabai, Gubernur Kalteng Ajak Sinergi Membangun Ketahanan Pangan

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memimpin panen perdana bawang merah dan cabai

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memimpin panen perdana bawang merah dan cabai.
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memimpin panen perdana bawang merah dan cabai.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memimpin panen perdana bawang merah dan cabai yang berlokasi di Jalan Cilik Riwut Km 38 Palangka Raya, Selasa (27/12/2022). Gubernur Sugianto mengatakan cabai merupakan salah satu bahan pokok yang mengalami inflasi di Kalteng dan mengalami kenaikan harga di bulan Desember ini. 

“Mudah-mudahan dengan panen perdana ini masyarakat bisa menyadari bahwa pentingnya tanaman pangan ini sebagai upaya jangka pendek menghadapi inflasi, kita harapkan setiap rumah ada satu dua pohon cabai yang ditanam,” ucapnya.

Baca Juga

Gubernur berharap Ketua TP PKK Provinsi Kalteng bisa menggandeng para Ibu Persit, Ibu Bhayangkari, dan Ibu Adhyaksa untuk bersama-sama bergerak menanam tanaman pangan. “Ada 50 hektare di sini, saya minta kepala dinas terkait bisa menggarap sampai selesai,” harapnya.

Gubernur menambahkan pihaknya akan mengajak para insinyur pertanian yang ada di Universitas Palangka Raya dan universitas-universitas di Palangka Raya serta SMK yang ada di Kalteng,untuk ikut bergabung dalam menanam tanaman pangan ini. “Harapannya kita bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan TNI Polri untuk membangun ketahanan pangan di Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

photo
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memimpin panen perdana bawang merah dan cabai. - (Pemprov Kalteng)
 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti menyampaikan hasil pertanaman ini diharapkan bisa menekan angka inflasi Kalteng. “Apalagi saat ini kita masih dalam kondisi Natal dan Tahun Baru (Nataru) di mana harga-harga di pasar kurang stabil. Setidaknya kita bisa membantu untuk kestabilan dan ketersediaan bahan pangan khususnya cabai di pasar,” jelasnya.

Sunarti menyatakan luasan lahan yang tersedia untuk tanaman pangan ini kurang lebih 50 hektare. “Namun yang baru dibuka baru delapan hektare, yang sudah ditanami cabai sebanyak 2,5 hektare, dan yang sudah ditanami bawang merah 1,5 hektare,” sebutnya.

Sunarti menjelaskan selain bawang merah dan cabai, pihaknya juga telah menanam jagung untuk mengalihkan serangga agar tidak menyerang tanaman cabai yang ada. “Untuk sisa lahan lainnya, gubernur sudah mengajak kaum milenial untuk ikut berpartisipasi dalam pertanaman ini. Lahan sudah disediakan dan bibit akan kami bantu. Tinggal para milenial yang mengolah tanahnya dan merawat tanamannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sugianto Sabran telah memimpin aksi Gerakan Tanam Bawang Merah dan Cabai (Gertam Babe) di lokasi yang sama pada Ahad (18/9/2022). Dalam kesempatan itu gubernur menginstruksikan bupati/wali kota agar menganggarkan secara khusus untuk ketahanan pangan di masing-masing daerah.

Turut hadir Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, unsur Forkopimda, dan kepala perangkat daerah Kalteng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement