Rabu 21 Dec 2022 21:28 WIB

Pastikan Libur Nataru Lancar dan Aman, ini Imbauan Korlantas Polri

Rest area menjadi titik trouble spot.

Rep: amri amrullah/ Red: Hiru Muhammad
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengikuti rapat lintas sektoral kementerian/lembaga dalam rangka kesiapan pengamanan dan penjagaan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Foto: Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengikuti rapat lintas sektoral kementerian/lembaga dalam rangka kesiapan pengamanan dan penjagaan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menjelang libur hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Korlantas Polri telah melakukan persiapan terkait kelancaran dan keselamatan dalam berlalulintas.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan pihaknya telah melakukan survey jalur dari Jakarta hingga Serang dan Jakarta Cirebon hingga Jawa Timur.

Baca Juga

“Jalur tol masih ada beberapa pekerjaan, namun pada saatnya nanti jika belum selesai sudah ada antisipasi. Kami sudah rapat dengan stakeholder dan sosialisasi di media untuk upaya ini,” kata Brigjen Pol Aan Suhanan, Rabu (21/12/2022).

Brigjen Pol Aan Suhanan menambahkan terkait evaluasi libur lebaran yang lalu, rest area menjadi titik trouble spot. Pihaknya sudah mengantisipasi dan melakukan upaya-upaya koordinasi dengan pengelola untuk mengatur keluar masuk kendaraan ke rest area.

 

“Seperti di rest area 102 Cipali, begitu masuk ada restauran, akibatnya kendaraan menumpuk di pintu masuk kedepan kita ubah masuk ke dalam. Kita juga lakukan buka tutup ketika kapasitas penuh, kita arahkan rest area selanjutnya atau rest area di jalur arteri atau di luar tol,” ungkapnya.

Terkait kebijakan Contraflow dan Oneway tambahnya, Korlantas Polri memiliki indikator untuk menerapkannya. Libur Nataru tahun ini diskresi Kepolisian yang akan memainkan peranannya. Kendaraan melebihi 2.500 dalam 1 jam di jalur tol maka akan diberlakukan Contraflow 1 lajur, sementara bila melebihi 6.000 kendaraan diterapkan 2 lajur.

“Kami imbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke arah Merak laksanakan perjalanan siang karena lebih menumpuk pada malam hari. Kita jamin juga keamanan dan keselamatannya di Lampung bersama Polda Lampung,\" ujarnya.

Saat ini, diakui dia, kondisi masih dalam musim hujan, kemungkinan bencana tanah longsor banjir ada. Siapkan juga kondisi kesehatan, kalau sakit jangan dipaksakan. "Siapkan BBM dan tidak kalah penting e-toll karena bisa menghambat di pintu keluar,” tambahnya.

Brigjen Pol Aan Suhanan juga berpesan dalam berkendara untuk tetap disiplin pada lajur yang sudah disediakan serta untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan karena Covid-19 masih ada di sekitar kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement