Senin 19 Dec 2022 09:41 WIB

BPIP Lantik 10 Purna Paskibraka Sleman Jadi Duta Pancasila

Para Purna Paskibraka ini telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Pengukuhan 10 anak Purna Paskibraka Sleman menjadi Duta Pancasila.
Foto: Dokumen
Pengukuhan 10 anak Purna Paskibraka Sleman menjadi Duta Pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sebanyak 10 anak Purna Paskibraka Sleman diangkat dan dikukuhkan oleh BPIP (Badan Pembinaan Indeologi Pancasila) menjadi Duta Pancasila di Hotel Prima SR Hotel. Kesepuluh anak ini terdiri dari 4 anak Purna Paskibraka tahun 2020 dan enam anak Purna Paskibraka 2021.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum, Jazim Sumirat yang mewakili Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, berharap duta Pancasila dapat menumbuhkan semangat generasi muda untuk kembali merevitalisasi dan mengaktualisasikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sekaligus sebagai rujukan dan inspirasi bagi upaya menjawab berbagai tantangan generasi muda.

"Perlahan simbolisasi Pancasila dalam gambar, lagu, dan juga hafalan sila-sila Pancasila semakin pudar dalam ingatan anak bangsa. Hal ini juga dibarengi dengan surutnya semangat nasionalisme untuk membangun negara. Munculnya berbagai persoalan baik itu persoalan politik, hukum, sosial kemasyarakatan, bahkan konflik yang didasari karena ideologi dan SARA, bukan tidak mungkin karena kurangnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai Pancasila perlu benar-benar terinternalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat," kata Jazim.

Karena itu menurutnya dibutuhkan revitalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai usaha bersama komponen bangsa Indonesia untuk mengembalikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai konsensus identitas nasional yang selama ini mengalami berbagai penyimpangan.

Melalui upaya revitalisasi diupayakan masyarakat Indonesia memiliki kesiapan mental dan spiritual untuk menghargai dan menerima perbedaan, menghormati dan menerima keragaman suku, agama, ras, dan golongan yang meski memiliki kepentingan berbeda namun tetap dalam satu wadah yaitu Indonesia.

"Hal yang tidak kalah penting adalah mewujudkan generasi-generasi muda yang memiliki daya juang, keterampilan dan disiplin yang tinggi, karenanya saya berharap anggota purna paskibraka dapat berbagi keilmuan dan pengalaman kepada rekan-rekan generasi muda lain untuk ditularkan pada lingkungan sekitar sehingga keberadaan adik-adik sekalian dapat menjadi motivasi dan role model bagi pembentukan karakter teman-teman lainnya," ujarnya.

Pelantikan dilakukan oleh Muhammad Fahrurozi, Direktur Pengendalian BPIP. Sebelum diangkat dan dikukuhkan, para  Purna Paskibraka ini telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh Badan Kesbangpol Sleman 26-27 November lalu dengan materi dan narasumber dari Pusat Studi Pancasila UGM.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman, Hery Sutopo berharap Duta Pancasila dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sesuai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement