Jumat 08 Sep 2023 09:14 WIB

BPIP akan Gelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dan Kirab Pancasila

Masyarakat yang hadir secara langsung dapat mengikuti Lomba Kirab Pancasila.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila di Gedung Merdeka dan Kirab Pancasila di sepanjang jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Sabtu (9/9/2023) mulai pukul 12.30 Wib sampai 17.30 Wib.
Foto: BPIP
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila di Gedung Merdeka dan Kirab Pancasila di sepanjang jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Sabtu (9/9/2023) mulai pukul 12.30 Wib sampai 17.30 Wib.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila di Gedung Merdeka dan Kirab Pancasila di sepanjang jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Sabtu (9/9/2023) mulai pukul 12.30 Wib sampai 17.30 Wib. Rangkaian acara ini, rencananya akan dihadiri oleh Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP, PJ Gubernur Jawa Barat, Plh Wali Kota Bandung, hingga jajaran Forkopimda.

Penyelenggaraan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dilangsungkan dengan memilih ikon, baik individu, kelompok, maupun lembaga yang dipilah dalam lima kategori, yakni Sains dan Inovasi, Olah Raga, Social Entrepreneur, dan Tokoh Lintas Iman. Para Ikon Prestasi Pancasila tersebut dipilih dengan kriteria, kandidat yang dapat mencerminkan semangat perjuangan atau elan manusia Indonesia yang menginspirasi dan memberi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta tanah air Indonesia. 

Baca Juga

Kegiatan ini merupakan wujud dari amanat pemberian apresiasi atau penghargaan yang inklusif dan terbuka kepada seluruh elemen bangsa yang telah mengejawantahkan pembinaan ideologi Pancasila (PIP). Para kandidat dijaring dari seluruh penjuru Indonesia, berasal dari latar belakang yang sangat beragam, dan memiliki prestasi, karya, maupun keteladanan yang diharapkan bisa menebar inspirasi dan membangkitkan semangat berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan dari Pancasila sebagai living ideology. 

Usai Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila, dilanjutkan dengan Kirab Pancasila di sepanjang jalan bersejarah di Kota Bandung. Acara ini terbuka untuk umum dan dapat disaksikan, baik secara langsung maupun live streaming melalui kanal YouTube BPIP RI dan Diskominfo Kota Bandung. 

Iring-iringan kirab akan dimeriahkan oleh Canka Panorama Marching Band Secapa TNI AD, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Jawa Barat, Komunitas Seni Benjang, Komunitas Bandung Culture, Paskibraka Kota Bandung, Gema Angklung Sabilulungan, ISBI Bandung, Ega Robot Ethnic Percussion, Paguyuban Sapedah Bandung Baheula, Mojang Jajaka Kota Bandung, Sisingaan, Reog, dan lain-lain.

photo
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila di Gedung Merdeka dan Kirab Pancasila di sepanjang jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Sabtu (9/9/2023) mulai pukul 12.30 Wib sampai 17.30 Wib. - (BPIP)

 

Selain itu, masyarakat yang hadir secara langsung dapat mengikuti Lomba Kirab Pancasila berupa lomba foto dan reels video dengan total hadiah jutaan rupiah. Informasi ketentuan lomba dapat diakses melalui akun instagram @bpipri.

Guna menyukseskan acara, Polrestabes Bandung akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di sepanjang jalan Asia-Afrika sebagian mulai Jumat dini hari, 8 September 2023. Sementara, pada Sabtu 9 September 2023, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung akan ditutup penuh mulai pukul 12.30 Wib sampai 17.30 Wib. 

Kepada warga di sekitar Kota Bandung, diimbau agar menjaga kebersihan selama acara berlangsung dengan meminimalisasi sampah, tetap tertib, kondusif, dan bahagia. Selamat menikmati acara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement