Senin 19 Dec 2022 00:29 WIB

Bawaslu Jakbar Sosialisasikan Pengawasan Tahapan Pemilu

Bawaslu Jakarta Barat menyosialisasikan pengawasan tahapan pemilu ke para pengawas.

Bawaslu Republik Indonesia, Bawaslu Kota Jakarta Barat menggelar konsolidasi pengawasan tahapan pemilu Bawaslu Kota Jakarta dan Pengawas Ad-Hoc, Ahad (18/12/2022). Koordinator Divisi SDMO, Pendidikan dan Diklat Bawaslu Kota Jakarta Barat, Fitriani (kedua dari kanan).
Foto: Istimewa
Bawaslu Republik Indonesia, Bawaslu Kota Jakarta Barat menggelar konsolidasi pengawasan tahapan pemilu Bawaslu Kota Jakarta dan Pengawas Ad-Hoc, Ahad (18/12/2022). Koordinator Divisi SDMO, Pendidikan dan Diklat Bawaslu Kota Jakarta Barat, Fitriani (kedua dari kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsolidasi nasional yang diselenggarakan oleh Bawaslu Republik Indonesia masih terus berlangsung. Konsolidasi tersebut digelar pada 17-19 Desember 2022 ini.

Bawaslu Kota Jakarta Barat pun menggelar konsolidasi pengawasan tahapan pemilu Bawaslu Kota Jakarta dan Pengawas Ad-Hoc yang diselenggarakan di Hotel Holiday Inn Jakarta, Ahad (18/12/2022).

Konsolidasi pengawasan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kepemiluan, memberikan wawasan dan pemahaman mengenai proses tahapan pemilu kepada Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kota Administrasi Jakarta Barat.

Selain itu, juga untuk meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan untuk Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kota Administrasi Jakarta Barat dan internal Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Barat, mewujudkan amanat undang-undang tentang peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia dalam melakukan pengelolaan administrasi Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kota Administrasi Jakarta Barat. 

Acara konsolidasi pengawasan tahapan pemilu dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Jakarta Barat, Ketua Panwascam se-Kota Jakarta Barat, Staf divisi SDM Panwascam se-Kota Jakarta Barat, perwakilan media dan mahasiswa.

Koordinator Divisi SDMO, Pendidikan dan Diklat Bawaslu Kota Jakarta Barat, Fitriani mengatakan, Ketua Panwascam yang juga berperan sebagai koordinator divisi SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan di tingkat kecamatan berperan sangat penting.

Ke depannya akan ada proses rekrutmen Panwaslu Kelurahan. Target bulan ini yaitu penyampaian informasi ke publik di 56 kelurahan se-Kota Jakarta Barat.

"Saya harapkan informasi terkait rekrutmen Panwaslu Kelurahan ini dapat disampaikan ke seluruh lapisan masyarakat khususnya untuk para perempuan karena ada minimal 30 persen kuota perempuan di tiap Kelurahan. Informasi ini dapat juga memanfaatkan media sosial yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan," kata Fitriani.

Adapun pemateri acara tersebut yaitu Endang Estianti yang merupakan anggota KPU Kota Jakarta Barat. Isti, begitu dia kerap disapa, menjelaskan tentang perjalanan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang dimulai sejak bulan Maret 2020 hingga September 2022.

DPB ditetapkan secara rutin sebulan sekali kemudian pada tahun 2021 ditetapkannya 3 bulanan w sekali. Adapun rapat pleno DPB diselenggarakan secara daring karena kondisi pandemi. DPB sendiri berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, masukan dari masyarakat serta Bawaslu.

"Usai penetapan DPB akan ada data DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) yang akan dicoklit oleh petugas pantarlih. Pantarlih ini lah orang yg akan memeriksa DP4 secara door to door apakah pemilih tersebut masih ada, meninggal ataupun pindah. Hasil dari pencoklitan ini akan ditetapkan DPS (Daftar Pemilih Sementara)," ujar Isti.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement