Sabtu 17 Dec 2022 16:13 WIB

Ganjar-Erick Pasangan Terfavorit Versi Balad Jokowi di Priangan Timur

Pasangan Ganjar-Erick dinilai saling melengkapi dengan kelebihan masing-masing.

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).
Foto: Dok
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menjadi pasangan paling difavoritkan masyarakat Priangan Timur di Pilpres 2024. Nama pasangan ini muncul dalam hasil jaring aspirasi relawan Balad Joko Widodo di wilayah Kabupaten Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, dan Kota Tasikmalaya.

Ketua Umum Balad Jokowi, Muchlas Rowi menuturkan, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo muncul sebagai tokoh yang paling difavoritkan maju sebagai calon presiden dengan 47,2 persen dari 30 ribu responden. Ganjar mengungguli nama mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (32,8 persen) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (20 persen).

Baca Juga

Sementara, nama Erick Thohir difavoritkan warga Priangan Timur sebagai calon wakil presiden dengan persentase sebesar 43 persen. Erick mengungguli nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (40 persen) dan Sandiaga Uno (17 persen). Muchlas mengaku, dari jaring aspirasi tersebut masyarakat memandang pasangan Ganjar-Erick paling banyak dipilih karena keduanya bisa saling melengkapi.

"Ganjar Pranowo sosok yang mengakar kuat, kader partai, dan memiliki kompetensi untuk memimpin bangsa yang majemuk. Sementara Erick melengkapinya dari sisi ekonomi dan bisnis, serta jaringan yang luas, baik di dalam maupun luar negeri, serta mampu membaca dan mengambil peluang dalam perubahan zaman," tutur Muchlas dalam keterangan, Sabtu (17/12/2022).

Muchlas menambahkan, Presiden Jokowi juga sudah sering memberi isyarat yang secara tidak langsung mengarah pada sosok Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Salah satunya melalui narasi 'rambut putih dan wajah berkerut' sebagai ciri sosok-sosok yang pantas memimpin negeri ini.

Khusus untuk Erick Thohir, Muchlas menyebut sosoknya tak bisa diragukan lagi. Menteri BUMN ini dinilai terbukti selalu menjadi andalan Presiden Jokowi untuk menjalankan tugas-tugas yang strategis. Terbaru, Erick Thohir dinobatkan sebagai Minister of The Year dalam ajang CNBC Award 2022.

“Erick Thohir tak diragukan lagi merupakan sosok yang menjadi andalan Presiden ini dalam menjalankan tugas dan misi strategis. Tentu saja itu juga berarti Erick Thohir merupakan sosok yang bisa diandalkan masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan banyak problem dan tantangan di masa depan,” tegasnya.

Muchlas mengatakan, hasil jaring aspirasi yang dilakukan sejak November hingga Desember 2022 ini merupakan cerminan kinerja Presiden Jokowi selama sewindu terakhir. Mereka menilai kepemimpinan Presiden Jokowi perlu diteruskan oleh sosok yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement