Selasa 06 Dec 2022 13:46 WIB

Gempa Jember Terasa Hingga ke Malang

Masyarakat diminta waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ilham Tirta
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Gempa kembali terjadi di Indonesia pada Selasa (6/12/2022) pukul 13.07.48 WIB. Kali ini titik pusat gempa berada 284 kilometer (km) barat daya Jember, Jawa Timur (Jatim) dengan kedalaman 10 kilometer (km).

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tercatat bermagnitudo 6,2. Menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Meksipun demikian, masyarakat diminta waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Baca Juga

Gempa Jember ini turut dirasakan sejumlah masyarakat Malang Raya. Salah satunya, Jazila yang sedang berada di kosnya. "Aku kerasa pas tiduran," kata Jazila saat dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa (6/12/2022).

Menurut Jazila, gempa tersebut cukup besar dan berlangsung sekitar lima detik. Saat merasakan gempa tersebut, Jazila hanya terdiam dan tidak berusaha lari menyelamatkan diri. "Aku kalau gempa selalu nge-freeze, tidak bisa lari," kata perempuan berhijab ini.

Jazila berharap gempa ini tidak berdampak apapun kepada masyarakat. Kemudian juga diharapkan tidak ada gempa susulan seperti yang biasanya terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement