Sabtu 03 Dec 2022 06:20 WIB

Jokowi Sebut Indonesia di Puncak Kepemimpinan Global

Indonesia mendapatkan kepercayaan internasional, terutama bidang ekonomi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden Joko Widodo mengingatkan untuk hati-hati dalam menghadapi ketidakpastian global yang mengancam dunia di tahun depan.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Presiden Joko Widodo mengingatkan untuk hati-hati dalam menghadapi ketidakpastian global yang mengancam dunia di tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, saat ini Indonesia sedang berada dalam puncak kepemimpinan global, utamanya dari sisi ekonomi. Karena itu, kepercayaan internasional yang sudah diperoleh ini agar tak disia-siakan.

Hal ini disampaikannya saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Tahun 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga

“Kita enggak sadar bahwa kita sedang berada pada kepemimpinan puncak global di sisi ekonomi. Trust-nya itu baru saja kita dapat, jadi jangan dilewatkan,” ujar Jokowi dikutip pada Sabtu (3/12).

Jokowi pun berharap kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan KADIN dengan merumuskan peta jalan di berbagai bidang, mulai dari sumber daya manusia (SDM) hingga industri. Menurut dia, peta jalan yang terencana dapat membantu Indonesia mencapai tujuan dan visi di masa mendatang.

“Saya senang kalau nanti KADIN merumuskan roadmap SDM, roadmap industri tekstil, roadmap industri logam, roadmap semuanya, ada peta jalannya supaya jelas kita akan menuju ke mana, jelas visi kita akan ke mana,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga meyakini bahwa peta jalan yang jelas dan terencana akan membantu meningkatkan serta menggerakkan ekonomi dalam negeri. Mulai dari pengusaha daerah hingga usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Yang paling penting menciptakan nilai tambah,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement