Kamis 17 Nov 2022 03:41 WIB

Politikus PPP Ungkap Kriteria Capres yang akan Diusung KIB

Kriteria umum bakal capres yang akan diusung KIB harus berintegritas.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Koalisi Indonesia Bersatu
Foto: infografis republika
Koalisi Indonesia Bersatu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ahmad Baidowi, mengungkapkan sejumlah kriteria calon presiden yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Selain berintegritas, pria yang akrab disapa Awiek tersebut mengatakan capres yang diusung KIB harus memiliki kapabilitas.

“Sebenarnya kriteria umum yang dimiliki KIB, pertama adalah integritas. Kedua, memiliki kapabilitas atau kemampuan,” kata Baidowi saat dikonfirmasi, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga

Awiek menambahkan, syarat lainnya adalah seorang capres harus memiliki komitmen keumatan atau kerakyatan. “Karena itu nanti kebijakan yang dihasilkan tentu pro rakyat,” kata Awiek.

KIB sebelumnya telah memiliki visi dan misi Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN). Untuk itu menurutnya pengalaman juga merupakan kriteria penting yang harus dimiliki capres. 

“Selanjutnya adalah pengalaman, pengalaman memimpin, tentu bukan pengalaman sebagai Presiden. Pengalaman memimpin bisa partai, berorganisasi, birokrasi, kepala daerah, pemerintahan atau menteri,“ ungkapnya.

Ia menuturkan pembicaraan di KIB masih terus dilakukan. KIB juga diketahui telah membentuk tim kecil. (Febrianto Adi Saputro)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement