Rabu 16 Nov 2022 16:40 WIB

Diterima di Perguruan Tinggi Negeri, Ratusan Pelajar Sukabumi Diberi Dana Stimulan

Apresiasi berupa dana Stimulan Masuk PTN tahun 2022 diberikan kepada 346 orang

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Penyerahan dana stimulan bagi ratusan pelajar asal Kota Sukabumi yang diterim di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, Rabu (16/11/2022).
Foto: riga nurul iman
Penyerahan dana stimulan bagi ratusan pelajar asal Kota Sukabumi yang diterim di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, Rabu (16/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 346 orang pelajar asal Kota Sukabumi mendapatkan apresiasi dari Pemkot Sukabumi karena diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Di mana ratusan pelajar tersebut diberikan dana stimulan untuk mendorong prestasi sebesar Rp 1.300.000 per orang.

Penghargaan prestasi pendidikan bidang akademik bagi siswa yang masuk PTN di Gedung Pusat Kajian Dakwah Islam Kota Sukabumi, Rabu (16/11/2022). Apresiasi berupa dana Stimulan Masuk PTN tahun 2022 diberikan kepada 346 orang dan diharapkan mampu mendorong mereka berprestasi.

Baca Juga

'' Selamat kepada pelajar yg diterima di PTN ada yang SMA negeri dan swasta, SMK negeri dan swasta dan MA negeri dan swasta dikumpulkan dalam satu angkatan,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di sela-sela penyerahan penghargaan. Momen ini juga dalam menguatkan komunikasi dan jejaring antar orangtua siswa yang menimba ilmu di PTN.

Fahmi menerangkan, berdasarkan kewenangan dibagi pemda kabupaten/kota sampai tingkat SMP dan pendidikan SMA sederajat berada pemprov. Sehingga pemkot memiliki keterbatasan.

Menurut Fahmi, pelajar masuk ke PTN membutuhkan kerja keras dan saat ini diapresiasi yang diterima di PTN dan ini hanya ada di Kota Sukabumi. Hal ini sebagai bentuk rasa sayang pemkot kepada yang berprestasi.

Lebih lanjut Fahmi mengungkapkan pembahasan mengenai Milestone 100 tahun menuju Indonesia emas 2045. Di tahun tersebut bukan panggung pemimpin sekarang melainkan anak-anak generasi penerus, sehingga harus mempersiapkan anak menjemput Indonesia emas di 2045 mendatang.

'' Alhamdulillah Indonesia masuk G20 negara besar dunia dan peringkat 16 dunia dan ditargetkan 10 tahun mendatang masuk 10 besar dunia,'' ungkap Fahmi. Ditargetkan pada Indonesia emas masuk 4 besar dunia.

Tugas sekarang yakni mengantarkan anak menjemput Indonesia emas. Diantara yang harus dipersiapkan menjaga mempersiapkan anak 4 kriteria yakni IQ cerdas, fisik sehat, aklhak terpuji, dan ibadah kuat. '' Kami mendorong anak terus berprestasi dan beberapa waktu lalu ada anak Sukabumi berprestasi dalam ajang nasional,'' kata Fahmi. Hal ini menunjukkan anak Sukabumi memiliki banyak prestasi.

Kini lanjut Fahmi, pihaknya mengundang orangtua ketika berprestasi masuk PTN untuk memotivasi menjadi juara saat menempuh pendidikan. Nantinya mereka akan kembali membangun Sukabumi dan mengubah wajah Sukabumi lebih baik lagi ketika masa mereka meminpin negeri ini.

Fahmi menuturkan, jumlah penerima penghargaan kali ini naik dari 170 siswa menjadi 346 siswa. Besaran bantuan sebesar Rp 1.300.000 per siswa

Kabag Kesra Setda Pemkot Sukabumi Herman Permana menerangkan, bantuan ini diberikan pemda dalam membantu siswa SMA/SMK/MA yamg diteirma di PTN. Maksud kegiatan mendorong peserta didik dalam meningkatkan prestasi dan kompetensi.

'' Ini bentuk apresiasi dan perhatian pemda kepada warga yang meraih prestasi,'' cetus Herman. Jumlah penerima pada 2022 sebanyak 346 orang dengan besaran stimulan Rp 450 juta. Bantuan akan ditransfer ke penerima melalui rekening dan ditandai tombol sirine oleh wali kota dan otomatis dana akan masuk.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement