Selasa 15 Nov 2022 15:39 WIB

Saluran Air Sepanjang 383 Meter Dibangun Antisipasi Banjir Cilangkap

Pembangunan saluran air saat ini sudah mencapai 90 persen.

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur membangun saluran air sepanjang 383 meter untuk mengantisipasi banjir di Jalan Waru RW 02 Cilangkap, Kecamatan Cipayung.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur membangun saluran air sepanjang 383 meter untuk mengantisipasi banjir di Jalan Waru RW 02 Cilangkap, Kecamatan Cipayung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur membangun saluran air sepanjang 383 meter untuk mengantisipasi banjir di Jalan Waru RW 02 Cilangkap, Kecamatan Cipayung. Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, saat ini progres pembangunan saluran air tersebut telah mencapai 90 persen.

"Proses pembangunan sudah dilakukan sejak pertengahan bulan Oktober lalu," kata Saugi di Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga

Saugi menambahkan, pihaknya menargetkan pembangunan saluran air itu selesai pada Desember 2022. Dia menjelaskan, pembangunan saluran air itu menggunakan beton "U-Ditch" ukuran 60x60 sentimeter (cm). Pembangunan itu juga merupakan usulan warga melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tiga tahun berturut-turut.

Menurut dia, pembangunan saluran air tersebut dilakukan melalui lelang e-katalog dan dikerjakan oleh pihak ketiga menggunakan APBD 2022. Setiap hari sebanyak satu unit alat berat jenis excavator mini dikerahkan ke lokasi untuk penggalian lahan maupun pemasangan beton "U-Ditch" ukuran 60 sentimeter.

Ketua RT RW 02 Cilangkap, Nurito mengatakan, pembangunan saluran air itu telah lama dinantikan oleh warga untuk mengatasi genangan di lingkungan sekitarnya.

"Tentunya impian warga yang sudah 15 tahun ini baru terealisasi sekarang. Proses pembangunan sangat cepat dan warga juga selalu mendukungpelaksanaan pekerjaan di lokasi," kata Nurito.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement