Jumat 04 Nov 2022 21:20 WIB

Pelajar Sukabumi Jadi Bagian 35 Orang Lolos Ajang Nasional MSLA 2022

Kegiatan yang digelar Kemenag ini akan diadakan pada 8-11 November

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Sebanyak 35 orang pelajar se-Indonesia dinyatakan lolos mengikuti Grand Final Madrasah Student Leadership Award (MSLA) Tahun 2022. Dari 35 orang pelajar tersebut ada pelajar wanita asal Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi yang lolos yakni Siti Hamidah.
Foto: istimewa
Sebanyak 35 orang pelajar se-Indonesia dinyatakan lolos mengikuti Grand Final Madrasah Student Leadership Award (MSLA) Tahun 2022. Dari 35 orang pelajar tersebut ada pelajar wanita asal Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi yang lolos yakni Siti Hamidah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 35 orang pelajar se-Indonesia dinyatakan lolos mengikuti Grand Final Madrasah Student Leadership Award (MSLA) Tahun 2022. Dari 35 orang pelajar tersebut ada pelajar wanita asal Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi yang lolos yakni Siti Hamidah.

Ajang yang digelar Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) ini akan diadakan pada 8-11 November 2022 di Kota Bogor. '' Alhamdulillah sangat senang karena lolos ajang MSLA dan berterimakasih terutama kepada orangtua yang sudah mendukung dan mendoakan serta kepada guru pembina yang telah membimbing,'' ujar Pelajar MAN 1 Kota Sukabumi, Siti Hamidah, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga

Insya Allah, ia akan berupaya maksimal dalam grnad final kejuaraan di kegiatan MSLA tingkat Nasional ini. Siti jiga membagikan tips belajarnya yakni memakai prinsip belajar To-do-list dan prinsip skala prioritas.

Prinsip belajar To-do-list ini kata Siti yakni selalu membuat catatan tugas ataupun kegiatan yang belum dituntaskan. Sementara prinsip belajar dengan skala prioritas ini, selalu mengerjakan terlebih dahulu tugas yang seharusnya dikumpulkan atau dilakukan jika deadline pengumpulan pekerjaannya itu semakin mendekat.

Dengan cara belajar tersebut lanjut Siti, maka memudahkannya dalam mengatur waktu belajar dan mencapai nilai pembelajaran yang tertinggal akibat padatnya waktu. Seba ia juga aktif dalam kegiatan lainnya di sekolah seperti OSIS dan kegiatan Ekstrakurikuler lainnya.

'' Prestasi yang pernah saya raih hingga saat ini itu mendapat peringkat pertama dikelas dari SD-Sekarang di MAN 1 Kota Sukabumi,'' ungkap Siti. Berikutnya yaitu Juara 1 LKTI Tingkat Nasional Chemistry Fun days Universitas Padjadjaran, Juara 2 Essay Tingkat Nasional Paguyuban KSE Universitas Hasanuddin 2022

Selanjutnya juara 3 Short Movie Competition Tingkat Nasional Politeknik Manufaktur Ceper 2022, Juara 2 Presenter Bahasa Sunda Tingkat Provinsi Universitas Pendidikan Indonesia, dan Juara 1 Cipta baca Puisi Tingkat Sekolah, dan lain sebagainya.

Guru pembimbing MAN 1 Kota Sukabumi Viqhi Aswie menerangkan, persiapan sebenarnya sudah dilakukan dari pertama kali mengikuti kompetisi ini. Mulai dari bimbingan membuat esai hingga melaksanakan aksi perubahan belajar asyik tanpa sampah plastik.

Saat inipun lanjut Viqhi, masih intens untuk membimbing Siti Hamidah untuk benar-benar siap mempresentasikan Aksi Perubahannya ketika tahap grand final nanti. '' Sekarang lebih fokus persiapan tahap presentasi dan debat, karena tahap melaksanakan aksinya sudah dilakukan pekan lalu,'' cetus dia.

Kepala Madrasah MAN 1 Kota Sukabumi Badru Tamam menambahkan, penghargaan atas prestasi sudah layaknya diberikan kepada siapa saja yang berhasil menjadi yang terbaik dalam setiap even kegiatan. Oleh karena itu wujud apresiasi dan ungkapan terimakasih dapat disampaikan dengan berbagai macam bentuknya, mulai dari memberikan pujian, piagam penghargaan hingga beasiswa.

Waka Kesiswaan MAN 1 Kota Sukabumi Muntamah menuturkan, pihak sekolah mendukung dengan sepenuh hati pelajarnya yanh masuk MSLA 2022. Nantinya jika berhasil juara akan diberikan hadiah dan beasiswa bagi pelajar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement