Rabu 18 Jan 2023 08:31 WIB

Pelajar SMA di Sukabumi Juara Lomba Anggar di Malaysia

Sakila menjuarai Kejurnas Anggar dalam ketegori Mini Kadet dan mendapatkan juara 3.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Kejuaran anggar, (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kejuaran anggar, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Prestasi membanggakan diraih Sakila Labiba, pelajar SMA Negeri 1 Kota Sukabumi yang meraih prestasi tingkat dunia. Sebab pelajar tersebut mendapatkan medali perak pada ajang olah raga anggar Southeast Asian Fencing Federation (SEAFF) Championships 2023 yang dilaksanakan pada 5-13 Januari 2023 lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

''Alhamdulillah meraih medali perak dalam kejuaraan beregu anggar di Malaysia,'' ujar Sakila saat ditemui di sekolahnya di SMAN 1 Sukabumi, Selasa (17/1/2023). Sebelumnya, Sakila juga mengukir prestasi sebagai juara cabang anggar pada ajang Pra Sea Games dan menjuarai Kejurnas Anggar dalam ketegori Mini Kadet dan mendapatkan juara 3.

Baca Juga

Sementara di ajang Porprov Sakila mendapatkan juara 1 dan mendapatkan medali emas. Sementara dalam ajang SEAFF ini ia mengikuti kejuaraan Beregu dan kalah melawan Filipina di final, sehingga menempati posisi kedua dan mendapatkan medali Perak.

Sakila menuturkan, kejuaraan tersebut diikuti oleh 12 negara ASEAN. Sakila mewakili Sukabumi sekaligus menjadi perwakilan Negara Indonesia.

Dalam pertandingan tersebut Sakila bertanding secara tim yang terdiri atas empat orang. Dalam waktu dekat, tepatnya akhir bulan Januari mendatang ia akan mengikuti seleksi untuk gelaran PON.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Sukabumi, Rahmat Mulyana mengatakan, sekolah merasa bangga atas prestasi yang dicapai Sakila. Hal ini karena ini merupakan capaian yang  sangat tinggi di tingkat Asia Tenggara.

Menurut Rahmat, bukan hal yang mudah untuk mencapai prestasai tersebut, apalagi untuk cabang olahraga anggar yang masih belum banyak peminatnya. Ia menambahkan akan terus mendorong siswa yang berprestasi untuk mengembangkan bakatnya dan berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement