Selasa 17 Jan 2023 09:37 WIB

Sukabumi Gencarkan Layanan Jemput Bola Layanan Dokumen Kependudukan

Sejumlah upaya dilakukan demi mendorong warga memiliki dokumen kependudukan lengkap

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Warga melakukan perekaman kornea matanya untuk KTP Elektronik, (ilustrasi). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi menggencarkan layanan yang disebut Siap Jemput Bola Pelayanan (Si Jempol) lengkapi identitas kependudukan (Lentik).
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Warga melakukan perekaman kornea matanya untuk KTP Elektronik, (ilustrasi). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi menggencarkan layanan yang disebut Siap Jemput Bola Pelayanan (Si Jempol) lengkapi identitas kependudukan (Lentik).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Di awal 2023, sejumlah upaya dilakukan untuk mendorong warga memiliki dokumen kependudukan yang lengkap. Di antaranya dengan mendekatkan layanan administrasi kependudukan ke dekat rumah warga.

Terbaru, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi menggencarkan layanan yang disebut Siap Jemput Bola Pelayanan (Si Jempol) lengkapi identitas kependudukan (Lentik). Kegiatan tersebut digelar di kantor Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi pada Sabtu (14/1/2023) lalu.

Baca Juga

''Alhamdulillah, Si Jempol awal tahun istimewa ditengah-tengah masyarakat Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi,'' ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi, Senin (16/1/2023) lalu. Si Jempol Lentik ini merupakan yang pertama kalinya digelar pada tahun 2023.

Sebelumnya, layanan kependudukan ini digelar baik di kelurahan dan sekolah-sekolah serta fasilitas umum lainnya pada 2022 lalu. Kardina menerangkan, kegiatan jemput bola pada kesempatan itu terlaksana secara tertib dan luar biasa.

Sebab terang Kardina, antusias warga masyarakat Kecamatan Citamiang terutama didominasi emak-emak sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Khususnya untuk mendapatkan dokumen kependudukan antara lain kartu keluarga (KK), Akta Lahir, KTP-el, aktivasi odentitas kependudukan digital, dan lain sebagainya.

Sebelum dilakukan pelayanan ungkap Kardina, kegiatan dimulai dari acara pembuka yakni penyampaian informasi tentang pentingnya dokumen kependudukan. Selain itu disampaikan pula mengenai pemrosesan sampai dengan penerbitan dokumen kependudukan.

Semoga lanjut Kardina, dengan terlaksanakannya kegiatan ini memberikan informasi dan motivasi setiap warga negara melengkapi dokumen kependudukan yang dimiliki. ''Ikhtiar yang kami lakukan memberikan manfaat dan membahagiakan masyarakat,'' cetus dia.

Kardina menuturkan, layanan Si Jempol pada dua tahun lalu sempat terdampak pandemi dan saat ini kembali gencar pascapandemi yang berkolaborasi dengan aparat wulayah. Di mana layanan yang dimulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib diserbu banyak warga.

''Senang pada kesempatan liburan akhir pekan, kami bisa berada trpat di tengah antusias masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan,'' ungkap Kardina. Sebab, sejak dibuka mulai pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai warga mengikuti rangkaian kegiatan dengan tertib dan berjalan lancar.

Selain melalui program Si Jempol, masyarakat juga bisa melakukan permohonan dan mengurus dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil, kecamatan dan Mall Pelayanan Publik (MPP). Semua layanan ini dalam mempermudah akses kepada warga.

Salah seorang warga Citamiang, Dila Novianti (27 tahun) mengatakan, kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. '' Warga menjadi tidak perlu jauh-jauh ke kantor disdukcapil, karena layananya di dekat rumah,'' kata dia.

Menurut dia, layanan ini juga cukup cepat dan tidak ada biaya atau gratis. Sehingga warga cukup puas dengan adanya program tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement