Ahad 30 Oct 2022 16:26 WIB

PKB Terus Upayakan Muhaimin Jadi Capres

Prabowo Subianto dijelaskannya merupakan capres dari Partai Gerindra.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Muhammad Fakhruddin
PKB Terus Upayakan Muhaimin Jadi Capres (ilustrasi).
Foto: DPR
PKB Terus Upayakan Muhaimin Jadi Capres (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra telah membentuk kerja sama politik yang dinamakan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, yang diteken pada Agustus lalu. Namun, hingga kini koalisi tersebut belum mengumumkan sosok yang diusung sebagai calon presiden (capres).

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengatakan bahwa pihaknya masih mendorong Abdul Muhaimin Iskandar sebagai capres untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya, itu merupakan hasil Muktamar.

Baca Juga

"Berupaya agar Gus Muhaimin menjadi calon presiden sebelum janur kuning melengkung dalam koalisi," ujar Jazilul di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Ahad (30/10).

Adapun Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dijelaskannya merupakan capres dari Partai Gerindra. Bukan capres yang diusung dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

"Tentu Pak Muhaimin tadi dalam konteks Pak Prabowo calon presiden dari Partai Gerindra, tetapi belum dari koalisi. Kalau itu (capres dari koalisi) kan harus dideklarasikan," ujar Jazilul.

Pengumuman capres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya disebutnya masih menunggu momentum yang tepat. Adapun pada November mendatang, PKB dan Partai Gerindra direncanakan meresmikan sekretariat bersama (Sekber).

"Kita mulai dengan meresmikan seberapa, sekretariat bersama, dalam waktu dekat mudah-mudahan di awal November ini. Kan tinggal mengatur kursi, dan lain-lain, di Menteng," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar mengundang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam acara PKB Road to Election 2024. Menariknya, ia menyebut Prabowo sebagai capres Republik Indonesia.

"Yang kita muliakan, yang kita banggakan, calon presiden Republik Indonesia Pak Prabowo Subianto," ujar Muhaimin dalam sambutan pidatonya di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Ahad (30/10).

Sambutannya terhadap Prabowo itu kemudian disambut gemuruh oleh ribuan kader PKB yang memenuhi Tennis Indoor Senayan. Sebelum sambutan tersebut, nama Prabowo dan Muhaimin juga dielu-elukan sebagai pasangan capres dan calon wakil presiden (cawapres).

"Gus Muhaimin idolaku, Pak Prabowo impianku. Kuyakin pilpres nanti pasti menang," nyanyi dari ribuan kader PKB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement