Ahad 30 Oct 2022 07:16 WIB

Tinjau Banjir di Kabupaten Sukamara, Gubernur Kalteng Tegaskan Pemerintah Pelayan Rakyat

Gubernur Kalteng telah menetapkan status tanggap darurat banjir pada 17 Oktober 2022.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran pimpin Apel Gabungan dan Penyerahan Bantuan Sosial Pemprov Kalteng untuk Penanganan Bencana Banjir.
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran pimpin Apel Gabungan dan Penyerahan Bantuan Sosial Pemprov Kalteng untuk Penanganan Bencana Banjir.

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKAMARA -- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran pimpin Apel Gabungan dan Penyerahan Bantuan Sosial Pemprov Kalteng untuk Penanganan Bencana Banjir, bertempat  di Halaman Posko Terpadu Penanganan Banjir Kabupaten Sukamara, Sabtu (29/10/2022).

Dalam arahannya, Gubernur Sugianto Sabran menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja jajaran Pemprov Kalteng yakni dalam rangka memantau banjir dan juga keadaan infrastruktur terdampak banjir.

“Beberapa kabupaten yang sangat parah yakni Sukamara, Pangkalan Bun, Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan termasuk Lamandau," ujar Gubernur dalam siaran pers, Ahad (30/10/2022).

Hujan dengan intensitas tinggi di sebagian besar wilayah Kalteng membuat naiknya debit air sungai di beberapa daerah dan menyebabkan bencana banjir di 9 kabupaten dan 1 kota di Kalteng hingga saat ini. Gubernur Kalteng telah menetapkan status tanggap darurat banjir pada 17 Oktober 2022.

 

Dalam Apel tersebut, Gubernur menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM) Prov. Kalteng tahun 2022 untuk Kabupaten Sukamara sebanyak 600 KPM, dengan nilai bantuan per KPM Rp 600 ribu. Total nilai bantuan Rp 360 juta. Selain itu, diserahkan juga Bantuan Langsung Tunai DBH-DR Prov Kalteng tahun 2022 untuk Kabupaten Sukamara sebanyak 200 KPM dengan total nilai bantuan Rp 200 juta.

photo
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran pimpin Apel Gabungan dan Penyerahan Bantuan Sosial Pemprov Kalteng untuk Penanganan Bencana Banjir. - (Pemprov Kalteng)

Bantuan ini  diserahkan Gubernur Kalteng dan diterima secara simbolis oleh Bupati Sukamara Windu Subagio.

Usai Apel Gabungan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran bertolak  meninjau secara langsung Posko Terpadu Penanganan Banjir di Kelurahan Padang, Kabupaten Sukamara. Ratusan  pengungsi menyambut antusias kehadiran Gubernur Kalteng dua periode itu.

Berdasarkan data Satgas penanganan banjir darurat Prov Kalteng periode Oktober 2022, tercatat 4.055 kk, 15.040 jiwa tersebar di 5 Kecamatan dan 32 desa/ kelurahan Kabupaten Sukamara yang terdampak banjir. Dilaporkan, 255 kk, 819 jiwa yang mengungsi akibat tinggi air 50-60 cm.

Berikutnya, Gubernur dan  rombongan blusukan ke pasar tradisional  yang berlokasi tidak jauh dari posko setempat. Kehadiran Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini bersama rombongan menumbuhkan semangat dan energi warga dalam menghalau cobaan bencana banjir yang terjadi.

Gubernur  menghampiri satu persatu para pedagang. Terlihat Gubernur membeli bahan pokok di pasar untuk memenuhi kebutuhan dapur umum korban banjir di Kabupaten Sukamara. Ia juga memberikan  bantuan tunai dari dana pribadi untuk diberikan  kepada para pedagang.

“Tidak ada cobaan yang tidak mampu kita lewati, kuncinya adalah semangat gotong royong atau kebersmaan, pemerintah adalah pelayan bagi masyarakat, untuk itu kami datang untuk melihat langsung kondisi warga yang terdampak. Jangan berkecil hati pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten wajib menjamin kebutuhan warga yang terdampak, hingga pasca banjir atau pemulihan nanti” ucap Sugianto Sabran.

Selepas kunjungi pasar, Gubernur meninjau dapur umum yang masih berada di satu wilayah dengan Posko Terpadu Penanganan Banjir di Kelurahan Padang. Ia juga memberikan bantuan sebesar 35 juta secara  pribadi untuk membantu meringankan beban warga terdampak banjir.

Mengakhiri kunjungan Kerja Gubernur Kalimantan Tengah  di Kabupaten Sukamara, Gubernur dan  rombongan melakukan pendistribusian bantuan logistik secara door to door di Kelurahan Mendawai, Kabupaten Sukamara.

Sebagai informasi, bantuan sembako di Kabupaten Sukamara  juga ikut didistribusikan melalui TNI dan  Polri setempat sebanyak 4.171 paket dan Pemprov Kalteng menambah  500 paket, serta selimut anak 50 buah dan matras 50 buah.

Disela-sela peninjauan, Gubernur mengapresiasi kesiapan Pemkab Sukamara lakukan penanganan banjir dengan tanggap menyalurkan bantuan.

“Kabupaten yang siap penanganan banjir ada di Sukamara . Mereka punya posko terpadu penanganan banjir serta regulasi pemetaan pendistribusian bantuan yng jelas” tutur Sugianto Sabran.

Gubernur juga mengapresiasi komitmen Pemkab Sukamara dalam penanganan pasca banjir dengan kembali menyalurkan bantuan termasuk penanganan peninjauan dan penyerahan bantuan dihadiri oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran, Ketua TP-PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden, Asisten Ekbang Sekretariat Daerah  Leonard S. Ampung, dan Kepala Perangkat Daerah terkait lingkup Pemprov Kalteng. Dari Pemerintah Daerah hadir Bupati dan Wakil Bupati Sukamara Windu Subagio dan Ahmadi, Unsur Forkopimda, serta pejabat terkait setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement