Sabtu 29 Oct 2022 01:17 WIB

Sumut Terima Empat Vial Fomepizole untuk Penanganan Gangguan Ginjal

RSUP Adam Malik Medan telah mendapatkan pasokan obat antidotum Fomepizole

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Obat anak (ilustrasi). RSUP Adam Malik Medan telah mendapatkan pasokan obat antidotum Fomepizole.
Foto: www.pixabay.com
Obat anak (ilustrasi). RSUP Adam Malik Medan telah mendapatkan pasokan obat antidotum Fomepizole.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Kota Medan, Sumatra Utara telah mendapatkan pasokan obat antidotum Fomepizole untuk pengobatan gangguan ginjal akut progresif atipikal (atypical progressive acute kidney injury) di daerah setempat.

"Kita mendapat sebanyak empat vial Fomepizole," kata Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP Adam Malik Kota Medan Rosario Dorothy Simanjuntak di Medan, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga

Fomepizole adalah obat untuk mengatasi keracunan etilen glikol dan dietilen glikol yang diduga menjadi penyebab gangguan ginjal akut pada anak-anak. Dorothy memastikan hingga saat ini stok obat untuk penanganan kasus gangguan ginjal masih mencukupi. "Stok obat kita masih mencukupi," katanya.

Ia menambahkan terdapat 10 anak menjalani perawatan di RSUP Adam Malik Kota Medan karena menderita gangguan ginjal akut misterius. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya meninggal dunia, sedangkan satu pasien pulang dengan berobat jalan dan dua pasien lainnya sedang dirawat.

 

"Untuk hasil pemeriksaan sampel urine masih dalam pemeriksaan di Laboratorium Forensik Mabes Polri," ujarnya.

Ia menjelaskan pasien gangguan ginjal akut pada anak yang mereka tangani umumnya memiliki gejala yang sama yakni demam, batuk, muntah, diare, dan penurunan frekuensi serta volume urine atau kencing. "Produksi urine pasien meningkat dengan signifikan atau sangat cepat setelah mendapat penanganan, pemeriksaan, dan obat-obatan yang diberikan," katanya.

Dorothy meminta para orang tua tidak perlu panik berlebihan dalam menyikapi fenomena penyakit gangguan ginjal yang terjadi saat ini. "Segera ke fasilitas kesehatan terdekat apabila memiliki gejala," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement