Selasa 25 Oct 2022 16:38 WIB

Pangdam Kasuari Resmikan Kodim 1811/Teluk Wondama

Kodim Teluk Wondama di bawah Letkol Inf Saheri berada di bawah Korem 182/Jazira Onim.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen Gabriel Lema meresmikan pembentukan Kodim 1811/Teluk Wondama, Selasa (25/10/2022)
Foto: Dok Pendam Kasuari
Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen Gabriel Lema meresmikan pembentukan Kodim 1811/Teluk Wondama, Selasa (25/10/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, TELUK WONDAMA -- Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari, Mayjen Gabriel Lema meresmikan pembentukan Kodim 1811/Teluk Wondama. Pembentukan kodim baru itu merupakan pemekaran yang sebelumnya masuk wilayah Kodim 1801/Manokwari. Gabriel juga melakukan alih komando dan pengendalian (kodal) dengan melantik Letkol Inf Saheri sebagai Komandan Kodim Teluk Wondama pertama.

Dalam siaran pers, menurut Gabriel, kehadiran kodim baru dapat memberikan efektivitas dan memperluas jangkauan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial TNI AD dalam pemberdayaan wilayah pertahanan. Selain itu, Kodim Teluk Wondama juga membantu tugas pemerintah daerah untuk melaksanakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama.

Gabriel pun berpesan kepada seluruh prajurit Kodim Teluk Wondama agar dengan cepat memahami apa yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawabnya. Dia menginstruksikan seluruh prajurit melaksanakan deteksi dini dan mencegah setiap permasalahan yang dihadapi di wilayah. Jika ada masalah maka harus dapat diselesaikan dengan cepat, tepat, dan tuntas serta tidak menimbulkan dampak yang merugikan masyarakat maupun aparat sendiri.

"Selaku Pangdam XVIII/Kasuari saya menyampaikan apresiasi, terima kasih yang tulus mulai dari Pemerintah Provinsi (Papua Barat), Kabupaten Teluk Wondama, serta masyarakat dan semua yang telah ikut berpartisipasi sehingga proses pembangunan Kodim Teluk Wondama dapat terselesaikan dengan baik sampai dengan peresmian hari ini," ucapnya di Markas Kodim Teluk Wondama, Papua Barat, Selasa (25/10/2022).

Dia menjelaskan, peresmian Kodim Teluk Wondama berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Dara  Nomor 753 Tahun 2022 tanggal 15 September 2022. Satuan tersebut nantinya berada di bawah Korem 182/Jazira Onim (JO) yang sebelumnya menjadi bagian wilayah tugas Kodim 1801/Manokwari.

Gabriel melanjutkan, Kabupaten Teluk Wondama yang terdiri 13 distrik, 75 kampung, dan satu kelurahan, tentunya perlu pelayanan publik yang baik. Kehadiran kodim baru diharapkan mampu memberikan layanan yang menjangkau secara langsung ke tengah kehidupan masyarakat.

"Dengan hadirnya Kodim ini diharapkan juga dapat memberikan kontribusi positif dalam melayani masyarakat bersinergi dengan Pemda beserta instansi lainnya termasuk masyarakat demi mewujudkan Kabupaten Teluk Wondama menjadi daerah yang aman lebih maju dan sejahtera pada masa yang akan datang," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement