Senin 24 Oct 2022 18:40 WIB

Garpu Deklarasi Pemenangan Anies di Makkah, Arab Saudi

Ormas sayap Nasdem yang membawahi UMKM, Garpu membuka kantor di Makkah.

Sayap Partai Nasdem, yaitu Garpu mendeklarasikan capres Anies Rasyid Baswedan di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (22/10/2022).
Foto: Istimewa
Sayap Partai Nasdem, yaitu Garpu mendeklarasikan capres Anies Rasyid Baswedan di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (22/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sayap Partai Nasdem, yaitu Garpu (Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM) bergerak mendukung pemenangan calon presiden (capres) Anies Rasyid Baswedan. Garpu pun bergerak dengan mendeklarasikan dukungan untuk Anies di Hotel Arjum, Kota Makkah, Arab Saudi, Sabtu (22/10/2022).

Hadir dalam deklarasi tersebut, antara lain Sayid Hasan Muhsen Alhamid, Habib Mohsen Hasan Al-Hinduan, Syarifah Ayu Alwiyah Segaf Aljufri selaku Ketua Dewan Pertimbangan DPP Garpu calon anggota legislatif (caleg) DPR 2024 Dapil Kota Depok-Kota Bekasi. Ketua Garpu Jawa Barat (Jabar) Heikal Safar dan caleg DPRD Jabar Dapil Kota Bekasi-Kota Depok Nofalia turut hadir di lokasi.

Heikal menjelaskan, Garpu membuka kantor perwakilan di Makkah tidak hanya untuk memenangkan Anies, melainkan juga sekaligus memberdayakan pelaku UMKM. Dia menjelaskan, Kota Mekkah sejak dulu dikenal pusat pertemuan para pedagang dan juga tempat ritual di Ka'bah bagi masyarakat dari Syam (Suriah), Ethiopia, Sudan, hingga China.

Garpu yang membawahi pelaku UMKM merasa perlu membuka cabang di kota suci umat Islam tersebut. "Sumber perekonomian Makkah ketika itu adalah perdagangan. Seiring dengan berjalannya waktu, perdagangan menjadi faktor penentu utama hubungan sosial penduduk Makkah. Makkah pun disebut sebagai Ummul Quro, yaitu sebuah pusat perniagaan besar," kata Heikal dalam siaran pers di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Dia menjelaskan, di tengah Kota Makkah terdapat sebuah pusat perdagangan bernama "Ukkaz", yang sangat ramai dikunjungi khususnya pada musim haji setiap tahunnya. Ukkaz menjadi salah satu duty free tertua yang dibangun oleh peradaban manusia.

Dalam konteks kekinian, menurut Heikal, Makkah paling tepat dijadikan pusat perdagangan UMKM. "Menurut hemat kami, kesempatan mendirikan kantor perwakilan Garpu ini bakal sangat menguntungkan bagi masyarakat Muslim Indonesia dan pelaku UMKM untuk membuka gerai khusus produk-produk Indonesia dan kuliner menu Nusantara di Makkah, Madinah, dan Jeddah," kata Heikal.

Hal itu tentu juga menjadi peluang menguntungkan bagi penyelenggara travel umroh dan haji. Muassasah dan perhotelan pun bisa memanfaatkan katering menu Nusantara serta oleh-oleh bagi jamaah umroh dan haji di luar masyarakat Indonesia, yang dikelola para pelaku UMKM yang tergabung dalam Garpu Perwakilan Mekkah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement