Sabtu 22 Oct 2022 22:16 WIB

Andre Rosiade Geram Bupati Kediri Jelekkan Kualitas Semen BUMN

Saat sidak di Pasar Wates, Bupati Dhito yang merupakan anak Seskab mengamuk.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Komisi VI DPR, Andre Rosiade.
Foto: Republika/Putra M Akbar
Anggota Komisi VI DPR, Andre Rosiade.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR daerah pemilihan (dapil) Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade merasa geram dengan pernyataan Bupati Kediri, Jawa Timur, Hanindhito Himawan Pramana atau Dhito Pramono yang menyebut kualitas Semen Padang paling bawah. Pernyataan itu terekam dalam video inspeksi mendadak (sidak) yang diunggah di akun Tiktok pribadinya @masdhito.

Aksi Dhito mengaku sampai menendang plafon hingga jebol membuat video itu viral di media sosial. Anak Sekretaris Kabinet, Pramono Anung itu melakukan adegan tersebut saat sidak pembangunan Pasar Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, belum lama ini. Menurut Andre, kualitas semen milik BUMN itu merupakan nomor satu di Indonesia.

"Bahkan diakui di dunia. Jadi, Bupati Kediri jangan asbun (asal bunyi). Pabrik ini dibangun sejak tahun 1910 dan sudah diekspor ke Jerman, Amerika Serikat dan Maldives. Saat ini secara rutin diekspor ke Australia dan negara-negara di Asia Selatan. Bahkan, hampir semua semen ekspor pada Semen Indonesia Group berasal dari Semen Padang,” kata Andre kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

Anggota Komisi VI DPR yang membidangi BUMN tersebut menegaskan, jika harga jual Semen Padang di Pulau Jawa sedikit lebih murah dari tempat lain, hal itu merupakan strategi pemasaran. Bukan karena kualitasnya yang rendah daripada merek lain. Andre pun mempertanyakan dan memanggil manajemen Semen Padang terkait masalah itu.

Pasalnya, tinfakan bupati Kediri membuat citra Semen Padang sedikit menurun. "Kalau masih tidak percaya dengan kualitas Semen Padang, silahkan datang ke PT Semen Gresik yang satu grup dengan Semen Padang di Semen Indonesia Group. Lokasinya kan tak begitu jauh dari Kabupaten Kediri. Di situ pak Bupati akan tahu bagaimana hebatnya kualitas Semen Padang,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Andre juga meminta bupati Kediri berusia 30 tahun itu agar menggunakan narasi yang benar kala menggelar inspeksi mendadak. Apalagi, aksinya diunggah di medsos dan sudah ditonton jutaan orang. "Tolong gunakan narasi yang benar. Kalau tidak tahu jangan asbun. Tidak jauh dari kabupaten yang Anda pimpin ada Semen Gresik, silakan ditanya,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Yang paling penting saat ini, kata Andre, produk PT Semen Padang memenuhi dan dijaga selalu di atas standar nasional indonesia (SNI). "Pastinya mutu semen dijamin melalui quality control dan quality assurance selama proses produksi,” kata Andre.

Sebelumnya, Bupati Dhito Pramono meminta agar setiap pekerjaan proyek pembangunan termasuk revitalisasi pasar tradisional di Kabupaten Kediri harus sesuai dengan spesifikasi. "Saya minta semua pekerjaan yang saat ini berjalan benar-benar diperhatikan kualitasnya," katanya, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement