Selasa 18 Oct 2022 01:24 WIB

Ketua KPU: Partai Perindo Telah Penuhi Syarat

KPU sebut Partai Perindo memenuhi syarat dan lolos verifikasi faktual Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Perindo telah memenuhi syarat untuk Pemilu 2024.
Foto: Istimewa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Perindo telah memenuhi syarat untuk Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Perindo memenuhi syarat, sehingga lolos verifikasi faktual tingkat pusat untuk Pemilu 2024. Seluruh dokumen terkait kantor dan kepengurusan yang sebelumnya lolos verifikasi administrasi, sesuai dengan kondisi faktual.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan verifikasi faktual tingkat pusat terhadap Partai Perindo meliputi dua hal, yaitu kepengurusan dan kantor. "Berdasarkan verifikasi terhadap dua hal tadi, verifikasi terhadap DPP atau pengurus pusat Partai Perindo dinyatakan memenuhi syarat," kata Hasyim dalam rilisnya, Senin (17/10/2022).

Hal itu disampaikan Ketua KPU Republik Indonesia Hasyim Asy'ari seusai verifikasi faktual di Kantor DPP Partai Perindo, Jl Diponegoro No. 29, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (16/10/2022) lalu.

KPU dan Bawaslu mendatangi Kantor DPP Partai Perindo guna melakukan verifikasi faktual DPP Partai Perindo. Selain Ketua KPU RI, hadir pula pada verifikasi faktual tersebut Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Adapun, tim verifikasi faktual KPU dipimpin oleh dua anggota KPU, yaitu Idham Khalik dan August Mellaz beserta tim verifikator dari kesekjenan KPU beserta Bawaslu.

"Kita tahu semua di DPP Partai Perindo ini terverifikasi. Alamat sebagaimana dokumen dan situasi faktual sesuai. Kepengurusan di DPP, nama-nama di dokumen dengan situasi faktual sesuai," kata Hasyim.

Selain itu, keterwakilan pengurus perempuan di DPP Partai Perindo bukan hanya memenuhi syarat, namun jauh melampaui batas minimal 30 persen.

"Keterwakilan perempuan (di DPP Partai Perindo) persentasenya 40 persen, dari batas minimal 30 persen, terpenuhi, bahkan terlampaui," pungkas Hasyim.

Seusai Partai Perindo dinyatakan lolos verifikasi faktual di tingkat pusat tersebut, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan Partai Perindo berkomitmen untuk memastikan lolos verifikasi faktual di seluruh tingkatan di seluruh Indonesia dan siap menyambut pesta demokrasi 2024.

"Tahapan verifikasi ini bukan hanya DPP, tetapi juga di provinsi, maupun kabupaten, dan seluruh kota, jadi mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Tentunya kami berkomitmen untuk menyelenggarakan atau memastikan bahwa verifikasi ini dapat dilalui dengan baik," kata HT di Kantor DPP Partai Perindo, Ahad (16/10/2022).

"Dan setelah itu, tentunya persiapan untuk Pemilu 2024. Target, saya pernah sampaikan double digit. Double digit itu kurang lebih sekitar minimal 60 kursi DPR RI yang kita targetkan," tegas HT.

Kepada kader, HT berpesan terus bergerak merekrut Caleg yang memiliki basis suara besar secara keseluruhan, baik di DPR RI maupun di provinsi dan kabupaten/kota, sehingga Partai Perindo yang dikenal sebagai partai yang fokus berjuang untuk Indonesia sejahtera mampu membuat kebijakan tepat sasaran, mempercepat kesejahteraan masyarakat, mempersempit kesenjangan, dengan demikian persatuan dan kesatuan di Indonesia akan semakin kokoh.

Turut hadir pula dalam verifikasi faktual tersebut, Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Dr. TGB H. Muhammad Zainul Majdi, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Syafril Nasution, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Boyke Novrizon, Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq,  Bendahara Umum DPP Partai Perindo Henry Suparman, beserta seluruh jajaran pengurus DPP Partai Perindo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement