Kamis 13 Oct 2022 10:19 WIB

B‭io Farma Jokowi Mendapat Penjelasan Soal Vaksin Indovac

Bio Farma saat ini berada di urutan kelima produsen vaksin dunia.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
PT Bio Farma (Persero), badan usaha milik negara (BUMN) di bidang farmasi dan kesehatan, berhasil menorehkan sebuah pencapaian (milestone) penting bagi Indonesia di bidang farmasi dalam pengembangan vaksin Covid-19, IndoVac, yang telah dilakukan sejak November 2021.
Foto: istimewa
PT Bio Farma (Persero), badan usaha milik negara (BUMN) di bidang farmasi dan kesehatan, berhasil menorehkan sebuah pencapaian (milestone) penting bagi Indonesia di bidang farmasi dalam pengembangan vaksin Covid-19, IndoVac, yang telah dilakukan sejak November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta romobongan tiba di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Kota Bandung Provinsi Jawa Barat untuk melakukan kunjungan kerja pada Kamis, (13/10) sekitar pukul 08.30 WIB. 

Setibanya di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Kota Bandung, Presiden disambut oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangdam III Siliwangi Mayjen Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, serta Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia D. 

Selanjutnya, Jokowi beserta rombongan langsung menuju pabrik PT Bio Farma dan tiba pukul 09.05. Sesampainya di Bio Farma, Dirut Bio Farma Honesti Basyir di lobi Gedung Bio Farma mempresentasikan soal produksi vaksin Indovac Bio Farma.

"Vaksin Indovac ini, kami produksi 20 juta dosis, 40 juta dosis dan bisa menjadi 120 juta dosis. Tapi, pertahun sekarang 20 juta dosis. Ini bisa 120 juta nanti kita lihat persiapan produksinya," ujar Honesti

Honesti mengatakan, Bio Farma saat ini berada di urutan kelima produsen vaksin dunia. Bahkan, Bio Farma menyuplai 70 persen vaksin polio di dunia. 

"Khusus Indovac ini prosesnya 1,5 tahun. Yang lama itu di uji klinisnya. Tapi, ini hasilnya termasuk tercepat bahkan WHO mengapresiasi karena lebih dari ekspetasi," paparnya.

Presiden Jokowi, akan meluncurkan sekaligus meninjau penyuntikan perdana vaksin Indovac. Saat berita ini diturunkan, Jokowi sedang melakukan peninjauan ke tempat produksi vaksin Bio Farma.

Selesai di Bio Farma, Kepala Negara akan bergeser ke Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kawasan Infrastruktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, untuk melakukan peninjauan.

Pada siang harinya, Presiden Jokowi diagendakan untuk mengunjungi Pasar Kosambi untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang, yaitu bantuan modal kerja (BMK) dan bantuan tunai.

Selanjutnya, Presiden akan menuju Kantor Pos Kota Bandung untuk menyerahkan bantuan sosial bahan bakar minyak (BBM), bantuan sembako, hingga bantuan subsidi upah (BSU).

Selepas itu, Presiden akan kembali menuju Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Barat yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko, serta Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement