Jumat 16 Sep 2022 20:52 WIB

Ganjar dan Airlangga Bagi-Bagi Apem di Haul Kyai Ageng Gribig

Haul Kyai Ageng Gribig dihadiri ribuan masyarakat.

Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, membagikan apem kepada masyarakat di Pasar Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022).
Foto: istimewa/doc humas
Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, membagikan apem kepada masyarakat di Pasar Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN -- Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, membagikan apem kepada masyarakat di Pasar Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2022). 

Pembagian apem ini dilakukan dalam rangka haul Kyai Ageng Gribig,. Tokoh ini adalah ulama yang pada zamannya kerap membagikan apem saat berdakwah.

Airlangga mengaku bersyukur ia bisa terlibat dalam menyelenggarakan acara haul Kyai Gribig. Sebagai keturunan dari Kyai Gribig, Airlangga senang acara ini bisa terselenggara dan dihadiri ribuan masyarakat.

“Sudah hampir dua tahun kita tidak menyelenggarakan acara ini, Alhamdulilah covid bisa ditangani baik,” kata Airlangga dalam siaran pers, Jumat (16/9/2022).

Airlangga mengajak masyarakat untuk mencontoh Kyai Ageng Gribig yang berdakwah secara damai. “Kyai Ageng Gribig adalah inovasi pada jamannya dan hari ini ekonomi rakyat bergerak,” katanya.

Sementara Ganjar mengaku kangen dengan suasana seperti sekarang. Menurutnya, masyarakat rindu dengan acara haul Kyai Ageng Gribig yang sudah absen digelar sejak pandemi Covid-19 melanda.

“Kita kangen suasana seperti ini, alhamdulilah semua dikasih waras. Acara “yaqowwi” ini adalah doa agar kita semua diberi kekuatan, bisa bangkit karena kuat,” katanya.

Usai menyampaikan sambutan singkat itu, Airlangga dan Ganjar langsung membagikan apem kepada masyarakat yang hadir. Dua politikus yang diprediksi maju Pilpres 2024 ini melempar apem dari atas panggung, dan langsung disambut antusias oleh warga yang hadir.

Acara haul Kyai Ageng Gribig ini sudah berlangsung di Pasar Jatinom sejak Kamis (15/9/2022) malam. Sebelumnya telah digelar doa dan zikir bersama yang juga turut dihadiri oleh Airlangga selaku Khadimul Haul.

Dalam acara doa dan zikir bersama itu, Airlangga pun turut mengundang dua ulama kenamaan, Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf serta KH Agus Ali Masyhuri (Gus Ali).

Wakil Ketua Umum PBNU Nusron Wahid yang turut hadir dalam acara itu menyatakan, selama ini  Airlangga memang rutin menggelar haul untuk leluhurnya. “Pak Airlangga memang rutin menggelar haul untuk leluhurnya, Kiai Ageng Gribig, agar nilai atau spirit perjuangannya terus menginspirasi," kata Nusron Wahid.

Nusron menambahkan, tradisi sebaran apem yang diadakan di Desa Jatinom, Klaten dalam Haul Kyahi Ageng Gribig diselenggarakan  hari Jumat terakhir di bulan Safar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement