Selasa 13 Sep 2022 20:46 WIB

Pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang Siap 100 persen

Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan satu dari enam ruas tol baru di Indonesia.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang Siap 100 persen. Foto: Penampakan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer.
Foto: Dok BPTJ
Pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang Siap 100 persen. Foto: Penampakan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang, Bambang Eko, mengatakan tol Pekanbaru-Bangkinang, satu dari enam ruas tol baru di Indonesia akan segera dioperasikan. Jalan bebas hambatan tersebut menurut Eko merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Padang.

Ia memastikan kesiapan dan konstruksi pekerjaan sudah seratus persen. "Kami belum tahu kapan fixnya, memang ada infonya begitu. Kita tunggu saja kabar dari pusat. Yang pasti, kalau kesiapan konstruksi sudah 100 persen, tidak ada masalah lagi," kata Bambang Eko, Selasa (13/9/22).

Baca Juga

Selain memastikan sudah tuntasnya pembangunan jalan tol tersebut,  pihaknya kata Bambang juga sudah mengantongi sertifikat layak fungsi dan layak pakai dari Bina Marga Kemen PUPR.

Keluarnya sertifikat tersebut menandakan tol yang menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar tersebut sudah tidak ada masalah. Yakni terhitung dari akses masuk Sungai Pinang Kecamatan Tambang kabupaten Kampar hingga pintu keluar menuju Kota Bangkinang.

 

"Kalau memang akan dioperasikan, kami sudah siap. Sertifikat layak pakai sudah ada," ucap Bambang Eko.

Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki main road sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area.

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya hanya 30-45 menit.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement