Selasa 13 Sep 2022 15:16 WIB

Suharso Diganti Mardiono, Konflik Internal PPP Dinilai akan Goyang Soliditas KIB

Polemik pidato 'amplop kiai' hanya momentum percepatan mendepak Suharso.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa saling jabat usai me-launcing visi dan misi Koalisi Indonesia Bersatu di Hotel Shangri-la, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (15/8/2022). Soliditas KIB dinilai akan goyah setelah Suharso dilengserkan dari jabatan ketum PPP. (ilustrasi)
Foto:

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan, hingga saat ini, partainya masih solid untuk berada dalam KIB. Dia mengatakan, pergantian pimpinan PPP dari Suharso Monoarfa kepada dirinya, tidak berpengaruh terhadap posisi PPP di KIB bersama PAN dan Golkar.

Namun demikian, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini mengatakan, partai politik itu bersifat dinamis menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. "Semua parpol itu dinamis ya, yang penting akan  menyesuaikan keadaan, kebutuhan (seperti) main bola saja kalau nanti wah (terjadi) ini, tetapi tim kami tetap solid mudah-mudahan tetap solid untuk masuk ke gawang," katanya.

Mardiono mengatakan, saat ini, salah satu fokus partai yang dia pimpin tersebut adalah meraih perolehan kursi di DPR lebih banyak. Dia menargetkan, PPP kembali meraih kursi sebanyak seperti 2014 yakni sebanyak 39 kursi. Sebab, pada Pemilihan Legislatif pada 2019 lalu, partai berlambang Ka'bah tersebut hanya meraih 19 kursi. 

"Kalau misalnya bicara target, ya tentu sebanyak mungkin ya. Kita mudah-mudahan bisa mengembalikan pada perolehan suara di 2014 insya Allah bisa mudah-mudahan lebih, kita tidak mimpi, karena kita pernah memiliki itu, jadi mungkin tinggal mengembalika," kata Mardiono.

"Insya Allah mudah mudahan kursi yang kita miliki di 2014 kemudian di 2019 itu berkurang, mudah mudahan itu nanti bisa kita raih kembali, sekali lagi mudah-mudahan malah bisa nambah lagi," kata dia.

Selain itu, Mardiono menegaskan, bahwa tidak ada perpecahan di internal PPP setelah adanya pergantian ketua umum. Dia mengklaim, jajaran PPP mulai dari tingkat pusat hingga bawah tetap solid.

"Mungkin narasi seolah PPP mengalami perpecahan, insya Allah itu tidak ada di PPP, tidak ada perpecahan semua kompak solid," kata dia.   

Adapun, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan, kisruh kepemimpinan yang terjadi di internal PPP tidak akan mempengaruhi koalisi yang sudah terbangun. Airlangga mengatakan, KIB merupakan koalisi antarpartai.

"Kan koalisi antarinstitusi," kata Airlangga di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (13/9/2022). 

Menurutnya, permasalahan kepengurusan PPP merupakan masalah internal di partai berlambang ka'bah itu sendiri. Sedangkan hubungan dengan anggota koalisi pun masih berjalan dengan baik.

"Itu kan urusan dalam negerinya PPP. Hubungan semua baik," ujarnya. 

Seperti diketahui, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mengesahkan Muhammad Mardiono sebagai Plt Ketua Umum PPP periode 2020-2025, menggantikan Suharso Monoarfa. Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan (SK) Kemenkumham Nomor M.HH-26.AH.11.02 Tahun 2022. 

“Mengesahkan H Muhammad Mardiono sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan masa bakti  2020-2025,” bunyi SK Kemenkumham yang ditandatangani oleh Menkumham Yasonna H Laoly pada Jumat (9/9/2022).

Dalam surat keputusan itu juga menetapkan susunan kepengurusan DPP PPP periode 2020-2025. Sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH - 02.AH.11.01 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pernyataan Keputusan Rapat Formatur Muktamar IX PPP tentang Susunan Personalia Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan Masa Bakti 2020-2025.

“Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya,” demikian bunyi SK tersebut.

 

photo
Empat Tantangan Partai Islam - (infografis republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement