Rabu 31 Aug 2022 06:19 WIB

Di Rekonstruksi tak Ada Adegan Pelecehan dan Sambo yang Turut Menembak 

Seluruh rangkaian reka adegan, memang digelar tertutup, tapi wartawan diizikan melipu

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus Yulianto
Tersangka mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mengenakan pakaian tahanan bersama istrinya Putri Chandrawathi saat mengikuti rekonstruksi di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jalan Duren Tiga Utara I, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Mabes Polri menggelar rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan Brigadir J sebanyak 78 adegan secara runut mulai dari peristiwa awal di Magelang Jawa Tengah sebanyak 16 adegan, di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, Jakarta Selatan 35 adegan dan di rumah dinas sebanyak 27 adegan. Rekonstruksi tersebut juga menghadirkan lima tersangka diantaranya Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal atau RR, serta Kuat Maruf. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Brigadir J tumbang

Reka adegen tandingan versi Bharada RE, memperlihatkan pemeran Brigadir J, tampak memohon. Kedua telapak tangannya mengatup terangkat ke atas di bawah dagu. 

Di hadapannya, ada Bharada RE sambil memegang pistol. Bharada RE, mengarahkan laras pistol ke arah muka Brigadir J yang dalam posisi setengah berjongkok. Di sebelah Bharada RE, tampak ada Irjen Sambo.

Kelihatan Sambo memberikan arahan kepada Bharada RE untuk menembak Brigadir J. Lalu Brigadir J tumbang. Irjen Sambo, tampak melihat Brigadir J yang sudah tergeletak. 

Kemudian melihat tubuh ajudannya itu terkapar di lantai ruang tengah, rumah dinasnya itu. Dua reka adegan berbeda tersebut, dilakukan bergantian. Karena adanya perbedaan keterangan peristiwa pembunuhan antara versi pengakuan Bharada RE, dan Sambo. 

Namun begitu, usai kedua kejadian tersebut, layar monitor yang menyiarkan adegan rekonstruksi, mendadak buram, berwarna hijau, dan tak menampilkan reka adegan lanjutan. Rekonstruksi, pun berakhir, tanpa ada kejelasan soal Irjen Sambo yang turut serta melakukan penembakan terhadap Brigadir J.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement