Selasa 02 Aug 2022 06:03 WIB

Karang Taruna Kebon Baru Juara 1 Lomba Teladan Tingkat DKI Jakarta 2022

Dinsos DKI memberi uang pembinaan Karang Tuna Kebon Baru Rp 11,4 juta.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota kelompok Karang Taruna Kebon Baru melakukan perawatan tanaman kangkung yang ditanam dengan sistem hidroponik di Kebun Edukasi, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (24/7/2022).
Foto: ANTARA/Syahrudin
Anggota kelompok Karang Taruna Kebon Baru melakukan perawatan tanaman kangkung yang ditanam dengan sistem hidroponik di Kebun Edukasi, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (24/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada Karang Taruna Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel), sebagai juara satu lomba penilaian pilar-pilar sosial Karang Taruna Teladan Tingkat Provinsi DKI Jakarta 2022, Selasa (19/7/2022). Mereka mengalahkan peserta lainnya dari Ibu Kota.

"Tak hanya dinilai dari keorganisasian, tetapi juga dilihat dari keberhasilan usaha dan keaktifan melakukan pembinaan," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos DKI, Susy Dwi Harini saat dihubungi di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Susy menyebutkan, Karang Taruna Kebon Baru mendapat uang pembinaan sekitar Rp 11 juta yang dapat digunakan untuk memperbesar organisasi, seperti membiayai program yang sudah dicanangkan. Menurut dia, dana itu nantinya juga untuk membina rukun warga (RW) hingga tingkat kelurahan dengan program yang dibuat oleh Karang Taruna.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Kebon Baru, La Ode Hardian mengatakan, proses kemenangan yang berhasil dicapai bukanlah hal instan. Pasalnya, mereka telah merintis program sejak 2018. "Kita berproses dari 2018-2022. Di tahun ini kita udah merasa maju karena sudah membentuk tiga kelompok, yakni urban farming, musik, dan pusat konseling remaja," kata La Ode.

Adapun juara satu karang taruna teladan yakni Karang Taruna Kebon Baru, dengan uang pembinaan Rp 11,4 juta. Disusul juara kedua Karang Taruna Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) dan juara ketiga Karang Taruna Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Selain itu, lomba tersebut juga mengajak sejumlah yayasan DKI Jakarta untuk berkompetisi. Pemenang juara pertama dari yayasan yakni Yayasan Kumala, Sungai Bambu, Jakarta Utara beserta uang pembinaan Rp 11,4 juta. Disusul juara kedua diraih Yayasan MAF Indonesia, Petojo Utara, Jakpus, dan juara ketiga Yayasan Sayap Ibu Kramat Pela, Jaksel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement