Jumat 22 Jul 2022 11:38 WIB

Seekor Kebo Bule Milik Keraton Surakarta Mati Kena PMK

Satu dari tujuh kebo bule Keraton Surakarta mati akibat PMK.

Kebo bule Keraton Surakarta Hadiningrat diarak sebagai pembuka Kirab 1 Suro di kawasan Gladag, Solo, Jateng, Sabtu (26/11/2016) malam. Dari 18 kebo bule, ada tujuh yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) dan seekor di antaranya mati pada Kamis (21/7/2022).
Foto:

Menurut Wilopo, seekor kebo bule yang ada di kandang sebelah barat kemudian terindikasi PMK. Ada tiga kandang kebo bule, yakni di barat, timur, dan Sitinggil.

Selanjutnya, usai dilakukan pemeriksaan kembali diketahui ada tujuh ekor kerbau lain yang juga terpapar PMK. Keraton Surakarta saat ini memiliki 18 ekor kebo bule.

"Untuk yang tujuh ekor ini kami melakukan tindakan pengobatan dan preventif ke kandang-kandang yang terkena karena inkubasi PMK ini cepat sekali, diperkirakan dokter hewan penularannya lewat manusia," kata Wilopo.

Sementara itu, menurut Wilopo, rencana kirab malam 1 Muharram yang biasa melibatkan kebo bule akan diputuskan dalam waktu dekat. Setiap hari ada dokter yang datang mengecek.

"Mungkin (untuk kirab 1 Muharram) bisa diambilkan dari kandang lain. Keputusannya mendekati Sura berdasarkan rekomendasi dokter," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan untuk kirab malam 1 Muharram atau 1 Sura masih dipertimbangkan. Sejauh ini, ia mengizinkannya,

"Tapi melihat kebo bule ada yang kena PMK nanti kami lihat dulu. Untuk tahun ini sebetulnya boleh meriah, termasuk di Mangkunegaran," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement