Sabtu 16 Jul 2022 10:34 WIB

Idealnya Pranata Humas Menyebar ke Semua SKPD

Wajah sebuah institusi akan terlihat dari peran pranata Humas

Kepala Dinas Kominfotik Agus Siswadi.
Foto: Pemprov Kalteng
Kepala Dinas Kominfotik Agus Siswadi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA - Jabatan fungsional pranata humas merupakan salah satu jabatan strategis yang dimiliki pemerintah. Sebagai Government Public Relations (GPR), jabatan fungsional yang keberadaannya diatur dalam Permenpan RB nomor 6 tahun 2014 tentang JFT pranata humas dan angka kreditnya ini memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan informasi dan kehumasan kepada masyarakat.

Adanya informasi yang aktual dan faktual akan mendorong masyarakat untuk membicarakan isu yang sedang ramai dibicarakan. "Dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, peran pranata humas sebagai garda terdepan sekaligus juru bicara pemerintah sangat berperan. Pranata humas diharapkan bisa menciptakan aliran komunikasi dua arah antara instansi pemerintah dan publik," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng, Agus Siswadi.

Baca Juga

Agus mengungkapkan wajah sebuah institusi akan terlihat dari peran pranata Humas. “Peran pranata humas sangat luar biasa penting bagi sebuah institusi,” tegasnya.

Menurut Agus, Diskominfosantik Kalteng merupakan instansi pembina dari pranata humas. “Kami bersyukur saat ini sudah banyak rekan pranata humas yang berasal dari penyetaraan akibat regulasi penyederhanaan birokrasi. Kami selaku pembina membuka kesempatan yang luas kepada kawan-kawan ASN khususnya di Pemprov Kalteng, bahkan kabupaten atau kota yang ingin beralih menjadi pranata humas, silakan berkonsultasi dan berdikusi dengan pranata humas yang ada di Dinas Kominfo,” jelasnya.

Agus juga mengingatkan idealnya keberadaan pranata humas harus menyebar ke seluruh satuan kerja  perangkat daerah (SKPD)/instansi. Pranata humas tidak mutlak berada pada Diskominfo atau Biro Administrasi Pimpinan.

“Mereka harus jadi ujung tombak komunikasi publik di instansi masing-masing. Karena pranata humas merupakan sebuah profesi yang luar biasa pada saat ini di era digitalisasi, informasi, dan revolusi industri,” kata Agus.

Pranata Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kalteng Noriko Yunanto mengatakan humas saat ini dituntut untuk adaptif. Menurutnya, pranata humas harus tahu informasi apa pun. Keingintahuan itu yang menjadi modal bagi seorang pranata humas.

photo
Pranata Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kalteng Noriko Yunanto saat menjadi narasumber di acara podcast yang diselenggarakan oleh Diskominfosantik Kalteng. - (Pemprov Kalteng)

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber di acara podcast yang diselenggarakan oleh Diskominfosantik Kalteng. Podcast bertempat di stand Kalteng Expo milik Diskominfosantik Kalteng yang berada di Arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya, Jumat (15/7/2022).

“Jadi kita sebagai Pranata humas bisa hadir di berbagai sektor. Terlebih jika masih satu lingkup pemprov, kita bisa ke dinas-dinas, sharing, cerita apa yang menjadi program-program ke depannya. Kita mendengarkan dan merespons apa yang menjadi harapan masyarakat terutama di bidang informasi,” kata Noriko.

Ia menjelaskan humas memiliki peran sebagai jembatan. Pranata humas menjembatani kepentingan pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan di satu pihak dan kepada para pihak lain untuk peningkatan kinerja pelayanan masyarakat serta kegiatan kerja pemerintahan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement