Sabtu 25 Jun 2022 02:30 WIB

Penyebaran Covid-19 dari Varian BA.4 dan BA.5 Tergolong Cepat, Perlu Antisipasi Serius

Penyebaran varian BA.4 dan BA.5 perlu diantisipasi dengan serius.

Covid-19 (ilustrasi). Masyarakat diserukan menerapkan protokol kesehatan dan mendapatkan vaksin Covid-19 dua dosis serta booster untuk mengantisipasi paparan varian BA.4 dan BA.5 dari omicron, virus penyebab Covid-19.
Foto:

Di sisi lain, varian omicron memiliki risiko gejala Covid-19 yang lebih ringan dibandingkan varian Delta. "Sudah terbukti bahwa omicron itu memang trennya itu adalah lebih ringan dibandingkan dengan delta, kecuali pada mereka yang lansia dan komorbid," kata Guru Besar Universitas Udayana ini.

Prof Mahardika mengatakan, masyarakat yang sudah memiliki antibodi dari vaksin Covid-19 atau pernah terpapar Covid-19 kemungkinan besar mampu mencegah dirinya terpapar subvarian BA.4 dan BA.5. Kendati demikian, masyarakat diminta tetap menjaga diri karena orang yang sudah divaksinasi ataupun sudah sembuh dari Covid-19 masih bisa tertular dan menjadi sumber penularan bagi orang lain.

photo
Penyebaran omicron BA.4 dan BA.5. - (Republika)

Prof Mahardika meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Namun, masyarakat perlu tetap waspada karena kenaikan jumlah kasus dapat berakibat meningkatnya keterisian rumah sakit.

"Mestinya tidak perlu membuat kita khawatir, tapi tentu, semakin banyak kasus, maka peluangnya semakin banyak orang yang perlu rumah sakit," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement