Senin 06 Jun 2022 11:57 WIB

PPDB SDN Jalur Zonasi Dibuka 7 Juni

Seleksi jalur zonasi PPDB SDN dengan merangking skor usia CPDB atau siswa.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Friska Yolandha
Setelah merampungkan jalur afirmasi dan perpindahan tugas pada akhir Mei 2022, Dinas Pendidikan Kota Surabaya akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN) untuk jalur zonasi mulai Selasa (7/6/2022) sampai dengan Kamis (9/6/2022).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Setelah merampungkan jalur afirmasi dan perpindahan tugas pada akhir Mei 2022, Dinas Pendidikan Kota Surabaya akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN) untuk jalur zonasi mulai Selasa (7/6/2022) sampai dengan Kamis (9/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Setelah merampungkan jalur afirmasi dan perpindahan tugas pada akhir Mei 2022, Dinas Pendidikan Kota Surabaya akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN) untuk jalur zonasi mulai Selasa (7/6/2022) sampai Kamis (9/6/2022). Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan, seleksi dilakukan berdasarkan skor usia Calon Peserta Didik Baru (CPDB).

Yusuf mengatakan, para orang tua atau wali murid dapat melakukan pendaftaran secara daring dengan mengakses laman ppdbsd.surabaya.go.id. Laman tersebut dapat dibuka melalui ponsel maupun komputer. “Sistem online PPDB SDN dibuka pada 7 Juni tepat pukul 00.00 WIB,” kata Yusuf, Senin (6/6/2022).

Baca Juga

Yusuf menjelaskan, seleksi jalur zonasi PPDB SDN dengan memeringkat skor usia CPDB atau siswa. Pendaftar dengan usia 7 tahun atau lebih memperoleh bobot skor 10, usia 6 tahun 7 bulan sampai dengan 6 tahun 11 bulan memperoleh bobot nilai 8. Kemudian, usia 6 tahun sampai dengan 6 tahun 6 bulan memperoleh bobot nilai 6, dan usia 5 (lima) tahun 6  bulan sampai dengan 5 tahun 11 bulan memperoleh bobot nilai 4.

“Bila skor usia sama, maka melihat waktu pendaftaran,” ujarnya.

 

Dalam proses penerimaan PPDB jenjang SDN, lanjut Yusuf, sekolah tidak diperbolehkan mengadakan tes yang bersifat akademis seperti membaca, menulis, dan berhitung. PPDB juga gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali. Bagi CPDB dengan status Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) namun belum diterima pada jalur afirmasi mitra warga beberapa waktu lalu, dapat mendaftar ke jalur zonasi yang kuotanya cukup besar.

Meskipun diterima pada jalur zonasi, kata Yusuf, status MBR pada CPDB tetap melekat dan tidak akan hilang. Jadi, orang tua atau wali murid dengan status MBR tidak perlu khawatir dengan jalur penerimaan yang digunakan saat PPDB, baik itu jenjang SD maupun jenjang SMP. “Tetap diberikan intervensi, meskipun nantinya lolos di jalur zonasi,” kata dia.

Ia menjelaskan, pendaftaran PPDB jenjang SDN jalur zonasi dibuka pada 7-9 Juni. Pengumuman dilakukan pada 10 Juni. Proses daftar ulang bagi CPDB yang diterima jalur zonasi mulai 10-11 Juni. Apabila ada siswa yang diterima kemudian mengundurkan diri, maka kuotanya diisi melalui mekanisme pemenuhan kuota pada 12 Juni. Seluruh jadwal dan ketentuan lengkap dapat diakses di ppdbsd.surabaya.go.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement