Jumat 03 Jun 2022 14:46 WIB

Mungkinkah Menduetkan Ganjar dan Anies di Pilpres 2024?

Wacana duet Ganjar dan Anies mencuat jelang Rakernas Nasdem.

Ilustrasi pilpres 2024
Foto:

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, pada Kamis (2/6/2022), menjawab terkait kemungkinan Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. Surya menegaskan sampai saat ini partainya belum memutuskan satu nama siapa yang akan diusung di Pilpres.

"Kalau untuk satu kan belum, karena nama Anies dinominasikan saya pikir semua kita barangkali bisa memahami itu. Karena memang itu yang cukup populer sekarang ini," kata Surya di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta.

Surya menyebut selain nama Anies ada nama lain yang juga berpeluang untuk didukung Nasdem di Pilpres 2024 mendatang seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Kendati demikian ia menyerahkan proses penjaringan aspirasi nama capres di Rakernas Nasdem yang akan digelar Juni ini.

"Kasih kesempatan kepada kawan-kawan di daerah, di DPW DPW Nasdem. Biar mereka berwacana mencari aspirasi pandangan, pikiran, dari berbagai elemen dan komponen masyarakat yang ada di wilayahnya nanti dia bawa ke rakernas," ujarnya. 

Sebelummya, Surya Paloh diam-diam temui Presiden Jokowi. Dalam pertemuan tersebut dirinya disebut-sebut mengusulkan Anies Baswedan-Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Namun saat dikonfirmasi, ia membantah hal tersebut. "Ya bertemu dengan bapak presiden benar. Tapi kan tidak spesifik membicarakan hal itu. Banyak hal-hal lain seperti apa yang tadi kita diskusikan juga dengan Mas Prabowo," kata Surya Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Menteng, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Dua putaran

Lembaga survei Indo Riset berdasarkan hasil survei terbarunya memperkirakan Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. "Survei Indo Riset menemukan ada kemungkinan pemilu presiden akan berlangsung dua putaran," kata peneliti Indo Riset, Roki Arbi dalam paparannya secara daring, Kamis (19/5/2022).

Roki mengatakan, potensi dua putaran tersebut terjadi karena dua hal. Pertama belum ada kandidat yang dominan dan kuat. Kedua masih ketatnya pertarungan antarcalon. 

Potensi dua putaran juga terjadi karena faktor cawapres yang dinilai dapat mempengaruhi preferensi pemilih, serta pengaruh komposisi pasangan dalam pilpres.

"Tiga nama diprediksi akan bertarung ketat, Prabowo, Ganjar, dan Anies. Cukup sulit bagi calon lain untuk bisa bertarung dalam kontestasi pilpres, karena tingginya gap elektoral antara tiga kandidat tersebut dengan calon lain," ujarnya.

Berdasarkan temuan Indo Riset, diketahui tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 33,3 persen, dan Anies Baswedan sebesar 28,2 persen. Di peringkat ketiga Prabowo Subianto dengan elektabilitas 32,4 persen. 

"Dalam simulasi tiga nama, terutama bila diikuti Ganjar, Prabowo, dan Anies situasi semakin kompetitif dan susah diprediksi siapa yang akan menang," ucapnya.

Untuk diketahui Survei Indo Riset digelar pada April 2022. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling

Jumlah sampel dalam survei ini sebesar 1. 100 sampel. Sedangkan data yang valid untuk dianalisa sebesar 1.096. Margin of error survei ini sebesar 2,96 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

photo
integritas anggota parpol - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement